PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI MANUSIA SUB BAB ALAT INDERA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GRATI PASURUAN

Authors

  • ADI PRIANTO

Abstract

Penelitian pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grati Pasuruan dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Biologi materi Pokok System Koordinasi Manusia tepatnya pada Sub Bab Alat Indera dikarenakan banyak materi yang harus dipelajari oleh siswa berupa penjelasan proses-proses yang terjadi pada alat indera yang mana proses-proses tersebut tidak dapat dilihat secara langsung. Selain itu siswa sering lupa jika guru mereview materi sebelumnya, karena dalam proses pembelajaran yang selama ini di lakukan, penjelasan mengenai proses-proses yang tersebut hanya dijelaskan secara lisan dan menggunakan papan tulis, serta buku paket yang dikemas dalam power point dan materi penunjang seperti buku BSE sebagai sumber belajar, sedangkan dalam buku BSE sendiri tidak banyak ilustrasi gambar yang dapat menjelaskan proses tersebut, sehingga pembelajaran yang terjadi didalam kelas bersifat konvensional yaitu textbook oriented dan teacher centered. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction)  yang layak dan efektif untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grati Pasuruan.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik analisis data yaitu wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan wawancara dan tes digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang kelayakan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang digunakan untuk pembelajaran dikelas, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan tes digunakan untuk mengetahui apakah media CAI (Computer Assisted Instruction) efektif digunakan dengan melalui soal uji pretest dan uji posttest.

Berdasarkan hasil analis data yang diketahui dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (a) hasil presentase Ahli Materi I: 81,8% (baik sekali), (b) hasil presentase  Ahli Materi II: 90,9 % (baik sekali), (c) hasil presentase  Ahli Media I: 100% (baik sekali), (d) hasil presentase Ahli Media II: 86,7 % (baik sekali). Melalui hasil angket uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa : (a) hasil presentase  uji orang perorangan 89,7 % (baik sekali), (b) hasil presentase uji coba kelompok kecil 85,3% (baik sekali), serta (c) hasil presentase pada uji coba kelompok besar 91,3 % (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media CAI (Computer Assisted Instruction) ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan taraf signifikan 5%,  db = N-1 (36- 1)= 35, sehingga diperoleh ttabel 2,021. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 15,4 > 2,021. dengan demikian perbedaan hasil pre-test dan post-test tersebut dinyatakan signifikan. Selain itu, dengan hasil perhitungan perbandingan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh kesimpulan bahwa nilai kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol di kelas XI SMA Negeri 1 Grati Pasuruan. Dalam pengujian signifikan diperoleh harga t hitung kelas eksperimen (15,4) lebih besar dari nilai kelas control (11,6) dengan t tabel (2.021) dengan demikian perbedaan tersebut dinyatakan Signifikan dan Efektif.

Kata kunci: Pengembangan, Media CAI (Computer Assisted Instruction).

Abstract

Research at class student XI SMA Negeri 1 Grati Pasuruan background by lack of student understanding to biology subject, direct material System Human coordination precisely at Sub Chapter Tool Senses, because of much matters that must studied by student, have the shape of processes explanation that happened at tool sense, which processes are referred can not be seen directly. In other hand student often forgets if teacher mereview matter previously, because in course of which during the time study to conduct, explanation hits processes that referred [as] only explained verbally and use blackboard, and package book that packed in power point and supporter matter like book BSE as the source learn, whereas in book BSE by it self not many picture illustrations that can explain process are referred as, until study that happened in the class has the character of conventional that is textbook oriented and teacher centered. This Research bent on to develop media CAI (Computer Assisted Instruction)  competent and effective for class student XI SMA Negeri 1 Grati Pasuruan.

Research Method this is the descriptive qualitative and kuantitaf. Data is collected by using technique of data analysis that is interview, questionnaire and tes. Technique of data analysis by using interview and tes is used for getting the qualitative data about media elegibility CAI (Computer Assisted Instruction) that used for study classroom, whereas technique of data analysis by using tes is used to know wether media CAI (Computer Assisted Instruction) effective used through test problem pretest and test posttest.

Base result of data analyst that known from result of matter expert interview and media expert can be drawn a conclusion as follows: (a) result percentage media expert I: 81,8% (very well), (b) result percentage media expert II: 90,9 % (very well), (c) result percentage media expert I: 100% (very well), (d) result percentage media expert II: 86,7 % (very well). Pass by result of product test-drive questionnaire, can be concluded that : (a) result percentage individual people test 89,7 % (very well), (b) result percentage small group test-drive 85,3% (very well), and (c) result percentage at big group test-drive 91,3 % (very well). With result that obtained/got referred, can be concluded that media CAI (Computer Assisted Instruction) this categorized jolly good and competent used. Base calculation result with significant level 5%,  db = N-1 (36- 1)= 35, until obtained/got t table 2,021. Thus t count bigger than t table that is 15,4 > 2,021. so result difference pre-test and post-test is referred [as] expressed significant. In other hand, with result of comparison calculation from control class and experiment class, obtained/got conclusion that value of experiment class bigger than assess control class in class XI SMA Negeri 1 Grati Pasuruan. In significant testing obtained/got price t count/calculate experiment class (15,4), bigger than class value control (11,6), with t tables (2.021), so difference is referred expressed Significant and Effective.

Keyword: Development, Media CAI (Computer Assisted Instruction).  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-05

How to Cite

PRIANTO, A. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI MANUSIA SUB BAB ALAT INDERA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GRATI PASURUAN. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10251
Abstract views: 75 , PDF Downloads: 48