PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG MENGHITUNG KPK & FPB DI KELAS IV SD RADEN PATAH SURABAYA

Authors

  • FAJAR PRADANA BUDIYANTO

Abstract

Berdasarkan data awal, di SMP Shafta Surabaya, mata pelajaran Matematika materi pokok Bangun Berdasarkan data awal, di SD Raden Patah Surabaya, mata pelajaran Matematika materi pokok menghitug KPK &FPB merupakan pelajaran yang membosankan karena mata pelajaran matematika tentang menghitung KPK & FPB, merupakan pelajaran yang objeknya terdiri dari kumpulan angka-angka dan rumus. Materi tersebut membutuhkan suatu media untuk memotivasi siswa dalam memahami sebuah rumus dengan cara yang menarik. Berdasarkan beberapa masalah tersebut, pengembang memberikan solusi dengan mengembangkan media komputer pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika  materi pokok menghitung KPK & FPB.

Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dari Research and Development (R&D). dikarenakan model pengembangan ini procedural, mengacu pada pengertiannya yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. 

Data hasil uji validasi ahli materi I memperoleh persentase sebesar 82.15% (baik sekali), ahli materi II 85.7% (baik sekali), ahli media I 83.6% (baik sekali), ahli media II 89% (baik sekali), hasil uji coba perseorangan 88.6% (baik sekali), uji coba kelompok kecil 81.2% (baik sekali),  hasil uji kelompok besar 84% (baik sekali). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komputer pembelajaran pada mata pelajaran Matematika materi pokok Menghitung KPK & FPB dapat memotivasi belajar siswa kelas IV di SD Raden Patah Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, Media komputer Pembelajaran, KPK & FPB, Mata Pelajaran Matematika

 Abstract

Based on the first data, in SD Raden Patah Surabaya, mathematics subject in Menghitung KPK & FPB main materi is a is a boring lesson, because the subjects mathematics of Menghitung KPK & FPB. a lesson that its object consists of a collection of numbers and formulas. Such material requires a medium to motivate students in understanding a formula in interesting ways. Based on some of these issues, the developer provides a solution by developing computer learning media on subjects of mathematics subject matter Menghitung KPK & FPB.

The method used is the development model of the development of Research and Development (R&D). because of this procedural development model, it refers to the sense that outline the steps to follow to produce a product.

   From the validation testing result, the professional person in matery I obtained 82.15% percentage (excellent), the professional person in matery II obtained 85.7% (excellent), the professional person in media I obtained 83.6% (excellent), the professional person in media II obtained 89% (excellent), the individual trying report obtained 88.6% (excellent), the trying report of minor group obtained 81.2% (excellent), the trying report of great group obtained 84% (excellent).  It can be concluded that the use of computer learning media on subjects of mathematics subject in Menghitung KPK & FPB can motivate learning students of class IV SD Raden Patah in Surabaya

 Key word : Development, computer learning media, KPK & FPB, Mathematics Subject.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-05
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 43