PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS MUSIK TRADISI DAN MODERN NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MENGANTI

Authors

  • EKA FIA AMALIA

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan media video pembelajaran adalah model pengembangan R&D dari Sugiyono (2010). Data yang diperoleh dari ujo coba produk media video pembelajaran ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket wawancara pada ahli materi dan ahli media berupa tangapan dan saran yang hasilnya digunakan untuk memperbaiki media video pembelajaran.

Data kuantitatif hasil uji validasi ahli materi I memperoleh persentase sebesar 83.33% kategori baik sekali, ahli materi II 85.41% kategori baik sekali, ahli media I 77% kategori baik, ahli media II 80.35% kategori baik, hasil uji coba perseorangan 86.45% kategori baik sekali, uji coba kelompok kecil 95.4% kategori baik sekali, uji coba kelompok besar 94% kategori baik sekali. Hasil tes tindakan untuk mengetahui keefektifan media video pembelajaran pengembang menggunakan uji t yang dihasilkan berdasarkan perhitungan dengan taraf signifikan diperoleh ttabel 2.04 dan thitung 5.2. Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa perolehan thitung lebih besar dari ttabel dengan perbandingan angka 5.2> 2.04. hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran dapat membantu proses belajar mengajar pada Mata Seni Budaya kompetensi dasar mengidentifikasi jenis musik tradisi dan modern nusantara kelas XI di SMA Negeri 1 Menganti.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video, Musik Tradisi Dan Modern Nusantara, Mata Pelajaran Seni Budaya.

 

ABSTRAC

The development research aims to generate instructional video media. Development methods used in the manufacture of video media of learning is the development of R & D models of Sugiyono (2010). Data obtained from Oku try this instructional video media products are quantitative and qualitative data. The qualitative data obtained from the questionnaire on expert interviews and expert material in the form of responses to media and suggestions that the results are used to improve instructional video media.

Quantitative data validation test results matter experts I earn a percentage of 83.33% excellent category, material experts category II 85.41% very well, 77% media expert either category I, II, 80.35% of media experts both categories, the results of individual trials 86.45% good category once, test a small group 95.4% excellent category, a large group trial 94% excellent category. The results of tests to determine the effectiveness of the action learning video media developers generated using the t test with significance level based on calculations derived ttable 2:04 and thitung 5.2. From these figures it can be seen that the acquisition tcount greater than ttable with comparative figures 5.2> 2:04. this suggests that the development of instructional video media can help the learning process on the basis of competence Cultural Art Eyes identify the type of music traditions and modern archipelago in class XI SMA Negeri 1 Menganti.

Keywords:Development, Media Video, Music Tradition and Modern archipelago, Subjects Arts and Culture.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-14
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 189