PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MOODLE TENTANG TROUBLESHOOTING HARDWARE LAPTOP BAGI PESERTA DIKLAT DI MANDIRI ENTREPRENEUR CENTRE SURABAYA
Abstract
Pengembangan bahan ajar berbasis moodle di Mandiri Entrepreneur Centre pada materi diklat Maintenance PC kompetensi dasar troubleshooting hardware laptop bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang layak, efektif dan untuk memfasilitasi belajar peserta diklat. Media moodle pembelajaran ini diujicobakan kepada peserta diklat Mandiri Entrepreneur Centre Jurusan Teknik Komputer Jaringan angkatan 2014. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dari Ghufron (2011) yang merupakan adobsi dari pengembangan Borg and Gall (2003). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang disebarkan untuk para ahli (ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran), sedangkan instrument tes untuk peserta diklat melalui test praktik. Hasil angket para ahli digunakan sebagai acuan dalam merevisi produk untuk mengukur kelayakan media sebelum digunakan oleh peserta diklat. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data angket yaitu dengan cara perhitungan semua aspek. Analisis data untuk perhitungan tes yaitu dengan jenis penelitian one group pretest-postest design, dengan membandingkan hasil belajar peserta diklat sebelum menggunakan media moodle dan sesudah menggunakan media moodle. Hasil analisis data angket dari dua ahli media diperoleh 86,57% (sangat baik). Hasil analisis data angket dari dua ahli materi diperoleh 88% (sangat baik). ). Hasil analisis data angket dari satu ahli pembelajaran diperoleh 91,06% (sangat baik). Hasil uji coba produk dengan membandingkan hasil belajar pesreta diklat sebelum dan sesudah menggunakan media moodle diperoleh hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 12,11 > 2,178. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media moodle yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta diklat di Mandiri Entrepreneur Centre Surabaya pada materi diklat trouble shooting hardware laptop.
Kata Kunci: moodle, troubleshooting hardware laptop
ABSTRACT
Moodle media development in Independent Entrepreneur Centre on Maintenance PC material, basic competence troubleshooting hardware laptop aims to produce available instructional media, effective, and to facilitate trainer to learn. This Media moodle is tested to trainers of Mandiri Entrepreneur Centre majoring Computer Networks, 2014. The development model used is Ghufron’s (2011) development which is adopted from Borg and Gall (2003). Data collection technique used in this study is questionnaires that are distributed to the experts (materials expert, media experts, learning expert), while the test instrument for trainer is through practice test. The results of the expert questionnaire are used for reference to revise the product to measure the feasibility of the media before used by the trainers. Data analysis technique used to process the questionnaire is by calculating all aspects. Data analysis for the calculation of the test is one group pretest-posttest design, by comparing the learning outcomes of the trainer before and after using the moodle media. The results of the questionnaire data analysis of two media experts is 86.57% (very good). The results of the analysis of questionnaire data from two experts material is 88% (very good). ). The results of the analysis of questionnaire data from one learning experts is 91.06% (very good). The results of product testing by comparing the results learning of the trainers before and after using the moodle media is greater than t table 12.11> 2.178. Therefore, it can be concluded that the moodle media development can improve trainers’ learning outcomes in Mandiri Entrepreneur Center Training in Surabaya on PC Maintenance training material, subject matter laptop hardware trouble shooting.
Keywords: moodle, troubleshooting hardware laptop
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

