Pengembangan Modul Berbantuan Video Tentang Adobe Audition pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia SMK N 2 Magetan
Abstract
Pembelajaran yang masih berpusat pada guru sudah sepatutnya diinovasi dengan penggunaan media, karena media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media Modul berbantuan video tentang adobe audition dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif multimedia kelas XI SMKN 2 Magetan . Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) menurut Sugiyono Dengan hasil uji coba angket perorangan dikategorikan baik sekali dengan perolehan 3,41, hasil uji coba angket kelompok kecil dikategorikan baik sekali dengan perolehan 3,31 dan hasil uji coba angket kelompok besar dikategorikan baik sekali dengan perolehan 3,10. Sehingga pada hasil nilai dari pre-test dan post-test yang menggunakan analisis data uji tanda diperoleh h = 31 dan ini lebih besar dari h = 9 pada tabel. Jadi hipotesis yang diperoleh bahwa hasil post test dapat diterima pada taraf nyata 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan modul berbantuan video ini dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Multimedia
Abstract
Learning is still centered on the teacher has been duly innovated with the use of the media , because the media is all the physical tools that can present the message and stimulate students to learn . The purpose of this research is to produce a video -assisted media module on adobe audition and to improve student learning outcomes in subjects multimedia productive class XI N 2 Magetan . The model used is a model development Research and Development ( R & D ) according to the results of trials Sugiyono individual questionnaire categorized splendidly with the acquisition of 3.41 , the test results questionnaire categorized excellent small group with the acquisition of 3.31 and test results questionnaire large group categorized very well with the acquisition of 3.10 . So that the results of the value of the pre - test and post - test using test data analysis obtained mark h = 31 and is greater than h = 9 in the table . So the hypothesis obtained that post-test results are acceptable to the real level of 0.05 . This suggests that the development of video -assisted module can be used as a means to improve student learning outcomes.
Keywords: Development, Module, Mutimedia
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

