PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Teams Assisted Individualization) PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI POKOK BERBAGAI PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI ALHIDAYAH PADENGANPLOSO LAMONGAN
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Alhidayah Padenganploso Lamongan memiliki permasalahan pembelajaran pada proses belajar mengajar dikelas IV. Proses belajar mengajar masih menerapkan metode konvensional dimana guru menjadi pusat utama dalam kegiatan belajar mengajar padahal dalam pembelajaran PPKn materi berbagai pekerjaan siswa dituntut ikut berperan aktif dalam pembelajaran tersebut. Hal ini tentu berdampak kepada hasil belajar yang ingin dicapai siswa.Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti banyak siswa yang merasa kesulitan dalam materi tersebut. Tujuan model TAI adalah untuk melibatkan siswa secara menyeluruh guna meminimalisir individualisme siswa dalam belajar dengan belajar berkelompok siswa dapat meningkatkan pikiran kritisnya, kreatif dan menumbuhkan rasa sosial tinggi. Model TAI memiliki karakter untuk mengkombinasikan siswa yang hanya belajar secara individual dikelas untuk dimodifikasi dalam pembelajaran berkelompok guna meminimalisir individual didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan juga mengetahui apakah penerapan model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian bersifat true experimental yang menggunakan desain penelitian True Experiment Design, Pretest-Posttest karena adanya kelompok lain yang dikenal eksperimen dan ikut mendapatkan pengamatan. Peneliti mengambil 3 kelas kelompok pada kelas IV MI Alhidayah Pucuk Lamongan. Kelas IVb dan IVc sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas IVa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Observasi dianalisis melalui uji kohern kappa dikatakan reliabel apabila perhitungan diatas 0,5 sedangkan tes dianalisis menggunakan rumus product momen untuk realiabilitasnya dianalisis melalui rumus Spearman-Brown. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan model TAI dengan peningkatan hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat pada hasil nilai dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan analisis data uji Anava satu jalur diperoleh F hitung adalah 21,206 dan dengan menggunakan tabel distribusi uji-F dengan taraf signifikan 0,05% diperoleh F tabel = 2,26, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : Penerapan, Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Hasil belajar, Berbagai Pekerjaan
ABSTRACT: Maarif Al Hidayah Islamic Elementary Padenganploso Lamongan have a problems with learning process in class. The process of learning is still applying the conventional method where the teacher became a major center in the teaching and learning activities while learning various jobs material PPKn students are required to actively participate in learning. It is certainly an impact on learning outcomes to be achieved students. Based on the observations that have been made by researchers many students who find difficulty in the matter. The purpose of TAI model is to involve students thoroughly to minimize individualism students in learning with group learning students can improve their critical thinking, creative and develop a sense of social high. TAI model has the character to combine students who only learn individually in class to be modified in order to minimize the group learning individuality in the classroom. This research purpose is to know the assembling of cooperatif learning TAI model and wheter this model can improve students leraning outcome. This research include as true experiment research which use true experiment design pretest – posttest control group design because there are other groups which is known as experiment and participate for getting the observation. Researchers took two experimental classes and one control class due to following the appropriate rules set by the department in this case a class IV MI Alhidayah Shoots Lamongan. Class IVa and IVb as the experimental group, while IVC classes as control group. Data accumulation technique in this research use obeservation and test. Observation can analysis use kohem kappa test and it can say reliable when the calculation more than 0,5 and test can analysis use prduct moment formula for the reabelity can anlysis use Spearman-Brown formula. Based on the results of this research is the existence of a significant effect of the application of the TAI to improve students learning outcomes. This can be seen on the results of the value of the pre-test and post-test were performed on the control class and experimental class using Anava test data analysis of the obtained path f_hitung is 21.206 and the distribution table-f test with significant level of 0.05% was obtained f_tabel = 2.26, thus Ho is refused and Ha accepted.
Keywords: Application, Type TAI Cooperative Learning, learning outcomes, Various Works
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

