PENGEMBANGAN MEDIA WEBQUEST PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK MENINGKTKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK NEGERI 1 SURABAYA

Authors

  • FIKI AISYAH AL FARIHAH

Abstract

Sejarah merupakan mata pelajaran yang membekali siswa dengan pengetahuan tentang dimensi ruang–waktu perjalanan sejarah Indonesia. Data yang diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi materi.Dibutuhkan sarana bahan belajar siswa untuk mengatasi hal tersebut yaitu melalui penggunaan media webquest. Media Webquest merupakan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dimana beberapa atau semua informasi pembelajaran untuk peserta didik berasal dariWorld Wide Web. Tujuan penelitian  ini adalah menghasilkan media Webquestuntuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan hindu buddha di Indonesia. Pengembangan ini menggunakan model pengembanganResearch and Development(R&D) oleh Sugiyono, karena langkah pengembangan yang sistematis dan mudah dilaksanakan dalam penelitian.Model memiliki sepuluh tahap pengembangansehingga berpotensi untuk menghasilkan produk/media yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini hanya menggunkaan delapan tahapan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain dan ujicoba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan media webquestadalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validasi kelanyakan media webquestsecara kualitatif oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran menyatakan kondisi media sudah baik.Hasil uji coba produk secara kuantitatif oleh perorangan diperoleh nilai 95% dikategorikan sangat baik, kelompok kecil diperoleh nilai 97.39% dikategorikan sangat baik, kelompok besar diperoleh nilai 95,41% sehingga sangat baik. Berdasarkan hasil belajar siswa pada penggunaan media webquest d.b = N-1=40-1=39, diperoleh 1,684. Hasilnya menunjukkan bahwa   lebih besar dari  yaitu 8,472 > 1,684. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami perbedaan dan mengalami peningkatan setelah menggunakan media webquest mata pelajaran sejarah indonesia pada kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Surabaya

Kata Kunci : Pengembangan, Media Webquest, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

History courses is subject equip the students with knowledge of the space-time dimensions of Indonesian history. Data acquired that students have difficulties in understanding the content of the material. It needs the learning tool for students to overcome this problem by using the web quest media. Web quest is an instructional media which is used in the process of learning in which some or all of the learning information sources to learners got from the internet. The purpose of this research produces web quest media to improve students’ learning outcomes in grade X SMK in subject Indonesian history about come and development of Buddha Hindu religion and culture in Indonesia. In this development uses a model of Research and Development(R&D)by Sugiyonobecausedevelopment steps are systematic and easy to be implemented in the research. This development model has ten complete development stages to the needs of development so that it can produce products or a good media and suitable to be used in the learning. Adapted to the needs, in this study only uses eight stages, they are the potential and problems, data collection, design product, validation, design revisions, test product, revisions and testing product usage. The research of this media development uses quantitative and qualitative data types.The results ofthe validation testthe feasibility ofa qualitativeWebQuestmediabymedia experts, material expertsandlearning expertsstatedthat themediahadgoodresults. The individual test product obtained value of 95% so is categorized very well. Product testing by small group of obtained value 97.39% and categorizing them is very well. Product testing by large group of obtained value 95.41% so the results is categorized very well. Based on the results of student learning at the use of WebQuest media db = N-1 = 40-1 = 39, obtained  1.684. The results showed that  greater than  is 8.472> 1.684. It can be concluded that the results of student learning got increase and difference after using Web-Quest media in the subjects of Indonesian history in grade X TKJ in SMK Negeri 1 Surabaya

Keywords: Development, WebQuest Media, Learning Outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-20
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 193