PENGEMBANGAN MEDIA FOTO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGARANG GAMBAR SERI KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 3 GRESIK

Authors

  • FATKUR RIZKI AGUS PRASETYO

Abstract

Penelitian pada siswa kelas III SD di SD Muhammadiyah 3 Gresik dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang gambar seri yang masih menggunakan media kurang menarik sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kalimat menjadi sebuah paragraf. Hal ini dikarenakan media tersebut kurang jelas bentuk gambar, warna hitam putih yang dipakai pada sebuah gambar, serta guru memakai sebuah gambar dari bahan kertas HVS seperti fotocopy dengan ukuran 10cm x 5cm ditempel pada papan tulis. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan suatu media pembelajaran yang berupa media foto pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang gambar seri kelas III di SD Muhammadiyah 3 Gresik.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Subyek penelitian berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan tes. Analisis data dengan instrument angket diolah menggunakan rumus prosentase perhitungan PSA (Presentase Setiap Anak) dan data tes menggunakan teknik statistik uji t dengan perhitungan melalui pre-test dan pos-test one group design (desain 2).

Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan anak dalam mengarang bebas pada saat observasi awal (pre tes) dan observasi sesudah perlakuan (pos tes) menggunakan media booklet photo diperoleh nilai rata-rata hasil observasi pre tes 69 dan rata-rata hasil pos tes 8,87. Dengan taraf signifikan 5% dan d.b = N-1 (30-1) = 29 hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh harga T hitung = 8,87 lebih besar dari T tabel = 2.04. Penelitian ini menunjukkan bahwa booklet photodapat mengembangkan mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang gambar seri di SD Muhammadiyah 3 Gresik.

Kata kunci: Media foto, Gambar seri

 

Abstract

Research at class student III SD in SD Muhammadiyah 3 Gresik background is by less effective its study of matter Indonesian language composesimage series that still use media lose looks until student find difficultieses in developing sentence becomes a paragraph. This condition because of media referred [as] off colour picture form, black and white colour that weared at a picture, and teacher wears a picture from paper materials HVS like photostat of the size 10cm x 5cm is patched at blackboard. Target that wish reached by from this research that is to produce a study media that have the shape of photo media at subject of matter Indonesian language composesimage series class III in SD Muhammadiyah 3 Gresiks.

This Research uses development model Research and Development (R&D). Subject research amounts to 30 Childs. Data collecting Technique at this research use questionnaire, interview and test. Data Analysis with instrument questionnaire is processed use formula percentage of calculation PSA (Percentage every Child) and data test used technique of test statistic t with calculation pass by pre-test and test-post one group design (design 2).

Based result of data analysis was about child ability in composed free when observation early (pre test) and observation after treatment (post test) use media booklet photo is obtained/got value [of] the average of observation result pre test 69 and the average of post result test 8,87. With significant level 5% and db = N-1 (30-1) = 29 calculation results by ladder test obtained/got price T count/calculate = 8,87 bigger than T tables = 2.04. This Research indicates that booklet photo can develop subject of matter Indonesian language composes image series in SD Muhammadiyah 3 Gresik.

Keyword: Photograph media, Composes image series

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-21
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 42