PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI) MATERI POKOK PERUBAHAN WUJUD ZAT PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 11 SUKODADI LAMONGAN
Abstract
Penelitian pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Sukodadi Lamongan dilatarbelakangi oleh keterbatasan alat media yang dimiliki SMP Muhammadiyah 11 Sukodadi dan kurangnya praktikum di dalam lab yang menjadi masalah dalam ketuntasan belajar siswa pada matapelajaran fisika.. Metode yang digunakan guru untuk mengajar menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan praktikum. Sumber belajar siswa hanya diperoleh dari guru dan buku panduan belajar mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang layak dan efektif untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Sukodadi Lamongan.
Model pengembang ini menggunakan Model Research & Development, (R&D) Sugiyono (2013:409) yaitu potensi dan masalah, mengumpul informasi, desain produk, validasi produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik analisis data yaitu wawancara, angket dan tes. Data kualitatif adalah data dari masukan, tanggapan dan kritikan dari ahli materi dan ahli media yang selanjutnya akan dianalisis dan digunakan dalam proses revisi media CAI. Teknik analisis data dengan menggunakan angket digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang kelayakan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang digunakan untuk pembelajaran di kelas, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan tes digunakan untuk memperoleh data kuanitatif tentang keefektifan media CAI (Computer Assisted Instruction) dengan melalui soal uji pretest dan uji posttest.
Berdasarkan hasil analis data yang diketahui dari hasil review angket ahli materi dan ahli media dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Kelayakan Media CAI tentang perubahan wujud zat yang telah direvisi dan diuji cobakan pada ahli materi dengan rata-rata 90.91%, ahli media dengan rata-rata 100 %, uji coba per orangan dengan rata-rata 86.1%, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 86.7%, uji coba kelompok besar rata-rata 89.4% dengan menggunakan skala penilaian yaitu skala likert dalam buku Riduwan, (2011: 15) tergolong sangat baik. Dengan hasil yang telah diperoleh maka media CAI layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Fisika tentang perubahan wujud zat.
Berdasarkan dari hasil perhitungan Uji t one group desain, maka dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata uji coba post-test yaitu 79,667 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test yaitu 64,667. Selain itu, berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 30- 1= 29, sehingga diperoleh ttabel 2.042. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6.793 2.042. dengan demikian perbedaan hasil pre-test dan post test tersebut dinyatakan signifikan dan efektif.
Kata kunci: Pengembangan, Media Komputer Pembelajaran (CAI)
Abstract
The observation was conducted at the seven graders of SMP Muhammadiyah 11 Sukodadi Lamongan due to the limited media used and the lack of Laboratory practice, which is the base problem of students’ mastering learning on Physic. The teacher teaches by using lecture method, question and answer and practice. Besides, the students get the resources from the teacher and Physic lesson book only. This research aims to develop the CAI (Computer Assisted Instruction) media, which is suitable and effective for seven graders of SMP Muhammadiyah 11 Sukodadi Lamongan.
The model of this thesis is Research & Development, (R&D) Sugiyono (2013:409) says that potention and problem, information gathering, product desaign, product validation, desaign validation, desaign improvement, trial and error of product, product revision. This is a descriptive qualitative and quantitative study. The researcher collected the data by using interview, giving questioners and test. The qualitative data is a data from suggestion, feedback and criticism, which is given by the theory and media expert. These data are analyzed and be used in the process of CAI media revision. Furthermore, the researcher uses questioners to collect the qualitative data related to the appropriateness of media CAI (Computer Assisted Instruction) in the teaching and learning process. Test is used to collect the quantitative data related to the effectiveness of media CAI (Computer Assisted Instruction) through pretest and posttest.
The result of the questioners, which are collected from the theory and media experts show the appropriateness of the CAI media. The CAI media that has been revised and tested to the theory experts show a value on average 90.91%, media experts show on average 100%, personal tested shows on average 86,1%, small group tested shows on average 86,7%, and large group tested show on average 89,4%. Based on the Likert Scale, Riduwan (2011:15), those values are in very good. These results show that CAI media is appropriate for teaching Phase Transition on Physics.
According to the result of T-test one group design, the Posttest value, 79,667, is higher than Pretest 64,667. Besides, this test uses the significant level 5% db=30- 1=29, the result of ttabel 2.042. Thus, thitung is higher than ttabel which is 6.793>2.042. Therefore, the difference between the pretest and the posttest result is significant and effective.
Keyword: Development, Computer Assisted Instruction (CAI)
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

