PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN MATERI POKOK ALITERASI, ASONANSI DAN DIKSI APRESIASI PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X MULTIMEDIA SMKN 12 SURABAYA

  • RATIH PUJI LESTARI

Abstract

Studi pendahuluan peneliti pada materi pokok aliterasi, asonansi dan diksi apresiasi puisi indikator Bahasa Indonesia, kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Materi pokok aliterasi, asonansi dan diksi kurang dapat dipahami siswa, data nilai siswa di bawah KKM 75, guru masih kurang kreatif dalam penggunaan media dan kurang adanya media dalam menjelaskan ketika proses pembelajaran. Sehingga siswa sulit untuk memahami materi pokok aliterasi, asonansi dan diksi apresiasi puisi. Berdasarkan alasan tersebut maka tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media audio pembelajaran pada materi pokok aliterasi, asonansi dan diksi apresiasi puisi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah diperlukannya pengembangan media audio pembelajaran untuk materi pokok aliterasi, asonansi dan diksi apresiasi puisi  kelas X multimedia SMKN 12 Surabaya yang layak dan efektif.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D karena model pengembangan ini tahapannya sistematis untuk menghasilkan suatu produk. Model pengembangan ini terdapat sepuluh tahapan sehingga berpotensi untuk menghasilkan suatu produk yang layak dan efektif. Peneliti hanya menggunakan enam tahapan yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa yaitu: a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi, e) revisi desain, f) ujicoba pemakaian.

Metode pengumpulan data pada pengembangan ini menggunakan dokumentasi, angket, wawancara dan angket. Data hasil pengembangan validasi yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Berdasarkan hasil analisis data ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan: a) hasil presentase uji coba dari ahli materi I adalah 100 % tergolong sangat baik, b) hasil presentasi ahli materi II 100% tergolong sangat baik, c) hasil presentase ahli media I 100 % tergolong sangat baik, d) hasil presentase ahli media II 100 % tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil angket uji coba dapat disimpulkan bahwa: a) hasil presentase uji coba kelompok kecil 96 % tergolong sangat baik, b) hasil presentase uji coba kelompok kecil 86 % tergolong sangat baik, c) hasil presentase uji coba kelompok besar 95% tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil presentase diatas maka dinyatakan layak. Berdasarkan perhitungan pretest dan posttest dengan taraf signifikan 5%, maka db= 38-1= 37  kemudian diperoleh t tabel= 1,876. Jadi, t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 27,75 >1,876. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektif. Dengan demikian media audio pembelajaran dikatakan layak dan efektif.

 

Kata kunci: pengembangan, media audio pembelajaran, Bahasa Indonesia.

Published
2015-04-13
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 56