PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM MATA KULIAH PENGANTARTEKNOLOGI PENDIDIKAN BAGI MAHASISWA JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • ERMA SEPTIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Blended Learning dalam mata kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan bagi mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Model yang digunakan dalam mengembangkan model Blended Learning adalah Research and Development (R & D) oleh Borg & Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes.  Hasil uji coba kelayakan  model Blended  Learning  hasil pengembangan pada uji coba  ahli desain pembelajaran I dan II mendapatkan persentase sebesar 91,67% termasuk dalam kategori sangat baik, ahli media I dan II mendapat persentase sebesar 87,50% dan termasuk kategori sangat baik, sedangkan ahli materi I dan II menghasilkan 81,25% dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan 97,60% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 87,80% kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar mendapatkan 86,30% termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model Blended Learning dalam mata kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk tindakan untuk mengetahui keefektifan model Blended Learning pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N1 + N2 – 2 = 24 + 24 -2 = 46 dengan taraf kesalahan 5% (0,05), maka nilai t 0,05 harga t = 2,000 dan t-hitung adalah 2,941. t hitung lebih besar daripada t tabel (2,941 > 2,000) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut maka terbukti bahwa pengembangan model Blended Learning pada  mata  kuliah  Pengantar  Teknologi  Pendidikan  bagi  mahasiswa  Jurusan  Kurikulum  dan  Teknologi Pendidikan FIP UNESA efektif untuk diterapkan.

Kata Kunci: Pengembangan, Blended Learning, Hasil Belajar

 Abstract

This research aims to develop a model of Blended Learning in the course Introduction to Technology Education for Students majoring in Curriculum and Educational Technology, Faculty of Education, State University of Surabaya. Developments model that be used to develop Blended Learning is Research and Development (R & D) by Borg & Gall. Data collection method that be used is interview and questionnaire. The data will be both qualitative and quantitative data. The result of eligibility test of Blended Learning from learning design experts I and II got 91,67% percentage, include of very good category, media experts I and II got 87,50% percentage, include of very good category, while the material experts I and II got 81,25% percentage, with category is very good. Individual test with 97,60 %  category very good, small group test 87,80% percentage of very good category, and bigger group test got 86,30% includes of very good category. It can be conclude that Blended Learning as Educational Technology Introductory course has been qualified to be used in teaching learning process. Blended Learning developer use t-test in order to know whether Blended Learning is effective to be applied or not. t-test with d.b. = N1 + N2 – 2 = 24 + 24 -2 = 46 with the fault rate 5% (0,05), so t 0,05  price t =2,000 and t is 2,941. t is bigger than t table (2,941 > 2,000), as a result Ho rejected and Ha accepted or proved that Blended Learning development in Educational Technology Introductory course is effective to be applied,particularly  for  Curriculum  and  Educational  Technology  major  students  of  Faculty  of  Education,  State University of Surabaya.

Keywords: Development, Blended Learning, The result of study.

Published
2015-04-24
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 29