PENGEMB ANGAN MEDIA FOTO PEMBELAJARAN SUB MATERI POKOK NAMA -NAMA SAYURAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NURUL ISLAM KREMBUNG SIDOARJO

  • VEBBY GADIS PERMATASARI

Abstract

Pada perkembangan teknologi dan era globalisasi seperti sekarang ini Bahasa Inggris adalah
bahasa yang wajib dikuasai. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini menjadikan alasan untuk
pelajar atau siswa perlu menguasai pelajaran Bahasa Inggris sejak di tingkat sekolah dasar (SD).
Berdasarkan pada studi pendahuluan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam Krembung
Sidoarjo pada siswa kelas 2 mendapatkan hasil bahwa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris sub
materi pokok nama-nama sayuran masih belum maksimal disebabkan oleh kurangnya media
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan kegiatan pembelajaran, serta guru dalam mengajar hanya
menggunakan LKS dan buku teks yang didalamnya terdapat gambar yang kualitasnya buruk dan kurang
jelas. Selain itu adanya keterbatasan siswa dalam kosakata, bahasa dan imajinasi menjadi hambatan dalam
proses pembelajaran. Berdasarkan alasan tersebut tujuan dari penelit ian ini untuk mengembangkan media
foto pembalajaran yang layak dan efektif untuk siswa kelas 2 di SDIT Nurul Islam Krembung Sidoarjo.
Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) Brog
and Gall dalam Sugiyono. Pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji
validasi kelayakan media foto pembelajaran oleh ahli materi I dengan nilai prosentase 85% termasuk
kategori baik sekali, ahli materi II dengan nilai prosentase 92,5% termasuk kategori baik sekali, ahli
media I dengan nilai prosentase 85% termasuk kategori baik sekali, ahli media II dengan nilai presontase
80% termasuk kategori baik sekali, uji coba perorangan dengan nilai presontase 88,7% termasuk kategori
baik sekali, uji coba kelompok kecil dengan nilai prosentase 90,6% termasuk kategori baik sekali, uji
coba pemakaian dengan nilai prosentase 92,1% termasuk kategori baik sekali. Berdasarkan data hasil test
pada penggunaan media foto pembelajaran diperoleh  d.b = N-1 = 29-1 =28 sehingga diperoleh t
 =
2,05 dan t
hitung
= 24,95. Maka dapat diketahui bahwa t
hitung
lebih besar dari pada t
 24,95 > 2,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa media foto pembelajaran sangat efektif apabila digunakan dalam
kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris sub materi pokok nama-nama sayuran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Foto Pembelajaran, Bahasa Inggris
 
Abstract
For the technology development and globalisation which are people face, English La nguage is a
must to be mastered language. The technology development which improves rapidly become a reason for
students to master English from elementary level. Depend on a former study at Sekolah Dasar Islam
Terpadu (SDIT) Nurul Islam Krembung Sidoarjo on second graders, come by a result of unmaximal using
of available mater ia l for Englis h learning activity about vegetable’s  names . Becaus e of the lackness  of
matched media for the learning purpose and subject activity, also the teachers who only though usi ng
worksheet and text books with bad quality and unclear. Beside those cause the visible limitation of the
s tudents ’ vocabulary, language us ing, and imagination become obs tacles  in learning proces s . Depend on
thos e reas ons , this  s tudy’s  purpos e is  to imp ro ving the effectiveness of learning activity with proper
picture media for second graders of SDIT Nurul Islam Krembung Sidoarjo.  
In this developing methode, Research and Development (R&D) methode by Brog and Gall
which rewrote by Sugiyono. This methode use both qualitative and quantitative methode. Validation test
of the picture media reach 85% which is  very good by first material expert  and 92,5% which is also very
good by second material expert. For first media expert, this picture media is given by 85% an d second
media expert by 80% which are very good too. Very good results are also gotten from each individual test
88,7% , s mall group test 90,6% , and implementation test 92,1%. By those results, db = N – 1 = 29 – 1 =
28. So the t
table
=  2,05 and t
hitung
 = 24,95. Thus the t
hitung
 is larger than t
 (24,95 > 2,05). It explains that
this pictures media method is very effective for being implemented to English lesson activity about
vegetable’s  names .
Keywords : Development, Picture Media Learning, English Language

Published
2015-04-24
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 35