PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMB ELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL B ELAJAR B AHASA INDONESIA TEMA SEHAT ITU PENTING SUB TEMA POLA HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS V SDN KEC. PULUNG PONOROGO
Abstract
Siswa ke las V di SDN Kec Pulung Ponorogo me miliki permas alahan dala m pros es pembela jaran Bahas a In dones ia. Nila i u langan harian mata pe laja ran Bahas a Indones ia yang dibawah KKM. Da la m pros es pembelajaran Bahas a Indones ia guru hanya menggunakan metode cera mah s ehingga pembela jaran be rpus at pada guru, hal ters ebut menyebabkan s is wa kurang a ktif dala m pe mbela jaran yaitu kurang aktif mengaju kan pertanyaan pada guru dan teman s ekelas dan men jawab pertanyaan dari guru dan te man s eke las .Berka itan dengan permas alahan ters ebut dibutuhkan model pe mbe laja ran alternatif untuk men ingkatkan has il bela jar s is wa khus us nya pada mata pe laja ran Bahas a Indones ia, ma ka dia jukan penggunaan model pe mbela jaran kooperatif tipe Snowball Throwing.
Des ain penelitian yang digunakan adalah True Ek sperimental Design dengan bentuk penelitian control group pre test-post test yang telah dimodifikas i, yaitu dengan s ubyek penelitian 2 kelo mpok e ks perimen (s is wa ke las V SDN 1 Pulung dan s is wa kelas V SDN 2 Pulung) dan 1 kelo mpok kontrol (s is wa kelas V SDN 3 Pu lung). Tekn ik pengumpulan data dala m penelitian in i menggunakan obs ervas i dan tes .
Berdas arkan has il penelitian dapat diketahui adanya pengaruh yang s ignifikan antara penggunaan model pe mbe laja ran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap has il bela jar Bahas a Indones ia Tema Sehat Itu Penting Subtema Pola Hidup Sehat. Has il analis is dat a menunjukkan bahwa pre-test kelo mpok eks perimen dan kelo mpok kontrol tidak ada perbedaan yang s ignifikan. Has il Anava 1 Jalur n ila i pre-test – pre-test didapatkan Fhitung < Ftabel , atau 0,077 < 5,01. Has il post-test ada perbedaan yang s ignifikan antara ke lo mpok eks perimen dan ke lo mpok kontrol. Has il anava 1 ja lur nilai post-test - post-test didapatkan Fhitung>Ftabel , atau 22,29>5,01. Sete lah diberi perlakuan dengan menggunakan model pe mbela jaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk kelo mpok e ks perimen terdapat peningkatan yang s ignifikan dibandingkan ke lo mpok kontrol. Has il Anava 1 Ja lur n ilai pre-test dan post-test d idapatkan Fhitung >Ftabel , atau 48,23 >3,17 s ehingga me mbe rikan peningkatan has il bela jar s etelah perlakuan.
Kata kunci: Model Pe mbela jaran Kooperatif t ipe Snowball Throwing , Hasil Belajar
Abstract
Students 5th graders of SDN Kec Pu lung Ponorogo t has about problem in Indones ian language learning proces s . Point replicates thereunder Indones ian s ubject daily KKM. In Indones ian language learning proces s just learn utilize d is cours e s o learning method gets center on learns , that thing caus e active reducing student in learning which is active reducing propos e ques tion on learns and clas s mate and ans wer ques tion of teacher and clas s mate. Get bearin g with about problem model needs that learning a lternativing to increas e s tudent s tudying result in particu lar on Indones ian subject, therefore propos ed by learning model purpos e kooperatif type Snowball Throwing.
Obs ervational des ign that is utilized is Experi mental True Design with obs ervational form control is pre-test group post-test already been modified, which is with obs ervational s ubject 2 e xperiment groups (s tudent brazes v SDN 1 Pu lung and clas s s tudent v SDN 2 Pulung) and 1 group controls (stu dent brazes v SDN 3 Pulung). Data collecting tech in obs ervational it utilizes observation and essay.
Bas e observational result gets to be known marks s ens e influence that s ignifikan a mong learnings model purpos e kooperatif Snowball Throwing's type to us u fruct healthy Theme Indones ian s tudying That Important Subtema Patterns To Live healthy. Analis is 's res ult data points out that pre-test experiment group and no difference control group that s ignifikan. Anava's res ult 1 Band as s es ses pre-test – pre-test gotten f computing < F table , or 0,077< 5,01. Res ult post-test there is difference wh ich s ignifikan a mong agglo merate e xperiment and control group. anava's res ult 1 band as s ess es post-test-post-test test gotten f computing >F table , or 22,29>5,01. After been given conduct by us e of kooperatif's learn ing model type Snowball Throwing for e xperiment group exis ts s tep-up that s ignifikan than control group. Anava's res ult 1 Band as s ess es pre-test and post-test gotten f computing >F table , or 48,23>3,17 s o give res ult s tep-up s tudy conduct afters es .
Key word : Kooperatif's Learn ing model type Snowball Throwing , Lea rned res ult