PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMB ELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL B ELAJAR B AHASA INDONESIA TEMA SEHAT ITU PENTING SUB TEMA POLA HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS V SDN KEC. PULUNG PONOROGO

  • DYAH PUSPITA ASIH

Abstract

Siswa   ke las   V  di   SDN   Kec   Pulung   Ponorogo   me miliki   permas alahan   dala m  pros es pembela jaran  Bahas a In dones ia.  Nila i u langan  harian  mata  pe laja ran  Bahas a Indones ia  yang dibawah KKM. Da la m pros es pembelajaran  Bahas a Indones ia guru hanya menggunakan metode cera mah s ehingga pembela jaran be rpus at pada guru, hal ters ebut menyebabkan s is wa kurang a ktif dala m pe mbela jaran yaitu kurang aktif mengaju kan pertanyaan pada guru dan teman s ekelas dan men jawab  pertanyaan  dari  guru  dan  te man  s eke las .Berka itan  dengan  permas alahan  ters ebut dibutuhkan model pe mbe laja ran alternatif untuk men ingkatkan has il bela jar s is wa khus us nya pada mata pe laja ran Bahas a Indones ia, ma ka  dia jukan penggunaan model pe mbela jaran kooperatif tipe Snowball Throwing.
Des ain penelitian yang digunakan adalah True Ek sperimental Design dengan bentuk penelitian control  group  pre  test-post  test  yang  telah  dimodifikas i,  yaitu  dengan  s ubyek  penelitian   2 kelo mpok e ks perimen  (s is wa ke las  V SDN 1 Pulung dan s is wa kelas  V SDN 2 Pulung) dan 1 kelo mpok kontrol (s is wa kelas  V SDN 3 Pu lung). Tekn ik pengumpulan data dala m penelitian in i menggunakan obs ervas i dan tes .
Berdas arkan   has il   penelitian   dapat   diketahui   adanya   pengaruh   yang   s ignifikan   antara penggunaan model pe mbe laja ran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap has il bela jar Bahas a Indones ia Tema  Sehat Itu Penting Subtema Pola Hidup Sehat. Has il analis is dat a menunjukkan bahwa pre-test kelo mpok eks perimen dan kelo mpok kontrol tidak ada perbedaan yang s ignifikan. Has il Anava 1 Jalur n ila i pre-test – pre-test didapatkan  Fhitung  < Ftabel , atau 0,077 < 5,01.   Has il post-test ada perbedaan yang s ignifikan antara ke lo mpok eks perimen dan ke lo mpok kontrol. Has il anava 1 ja lur nilai post-test  - post-test  didapatkan  Fhitung>Ftabel , atau 22,29>5,01.  Sete lah diberi perlakuan  dengan menggunakan  model pe mbela jaran  kooperatif  tipe  Snowball  Throwing  untuk kelo mpok  e ks perimen  terdapat  peningkatan  yang  s ignifikan  dibandingkan  ke lo mpok  kontrol. Has il Anava 1 Ja lur n ilai pre-test dan post-test d idapatkan Fhitung >Ftabel , atau 48,23 >3,17 s ehingga me mbe rikan peningkatan has il bela jar s etelah perlakuan.
Kata kunci: Model Pe mbela jaran Kooperatif t ipe Snowball Throwing , Hasil Belajar

Abstract
Students 5th graders of SDN Kec Pu lung Ponorogo t has about problem in Indones ian language learning  proces s .  Point  replicates  thereunder  Indones ian  s ubject  daily  KKM.  In  Indones ian language learning proces s just learn utilize d is cours e s o learning method gets center on learns , that thing  caus e active  reducing  student  in  learning  which  is  active  reducing  propos e ques tion on learns  and  clas s mate  and  ans wer ques tion  of teacher  and  clas s mate.  Get  bearin g  with  about problem model needs that learning a lternativing to increas e s tudent s tudying result in particu lar on Indones ian  subject,  therefore  propos ed  by  learning  model  purpos e  kooperatif  type  Snowball Throwing.
Obs ervational des ign that is utilized  is  Experi mental True  Design   with obs ervational form control is pre-test group post-test  already been modified, which is with obs ervational s ubject 2 e xperiment  groups  (s tudent brazes  v SDN 1 Pu lung and clas s s tudent v SDN 2 Pulung) and 1 group controls (stu dent brazes v SDN 3 Pulung). Data collecting tech in obs ervational it utilizes observation and essay.
Bas e  observational  result  gets  to  be  known  marks  s ens e  influence  that  s ignifikan  a mong learnings   model  purpos e  kooperatif  Snowball  Throwing's   type  to  us u fruct  healthy  Theme Indones ian  s tudying  That  Important  Subtema  Patterns  To  Live  healthy.  Analis is 's  res ult  data points out that pre-test experiment group and no difference control group that s ignifikan. Anava's res ult 1 Band as s es ses pre-test – pre-test  gotten f computing < F table , or 0,077< 5,01.  Res ult post-test there is difference wh ich s ignifikan  a mong agglo merate e xperiment  and control group. anava's res ult 1 band as s ess es post-test-post-test  test  gotten f computing  >F table , or 22,29>5,01. After been given  conduct  by  us e of kooperatif's  learn ing  model type  Snowball  Throwing  for e xperiment group exis ts s tep-up that s ignifikan than control group. Anava's res ult 1 Band as s ess es pre-test and post-test gotten f computing >F table , or 48,23>3,17 s o give res ult s tep-up s tudy conduct afters es .
Key word : Kooperatif's Learn ing model type Snowball Throwing , Lea rned res ult

Published
2015-04-24
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 45