PENERAPAN METODE ACTIVE DEBATE PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI KONFLIK, KEKERASAN DAN UPAYA PENYELESAIANNYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN SISWA KELAS XI DI SMAN 1 GLAGAH BANYUWANGI

  • DESTIA CIKA ANINTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan metode active debate dan upaya peningkatan kemampuan komunikasi lisan melalui perlakuan. Untuk mencapai tujuan yang maksimal, materi yang diambil adalah Konflik, Kekerasan dan Upaya Penyelesaiannya pada mata pelajaran Sosiologi. Materi ini adalah materi yang dapat berkembang luas yang dapat dianalisis dari berbagai sudut pandang. Sehingga dapat memberi kesempatan siswa untuk mengungkapkan segala pendapatnya.

Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian True EksperimentalControl group pretest–posttest, yaitu dengan subyek penelitian kelas eksperimen (XI IS 1) dan kelas control (XI IS 2). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Glagah Banyuwangi. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan metode active debate dan kelas kontrol dengan pembelajaran diskusi. Variabel penelitian yang digunakan adalah varabel bebas yaitu penerapan metode active debate dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi lisan pada mata pelajaran Sosiologi materi Konflik, kekerasan dan Upaya Penyelesaiannya siswa kelas XI di SMAN I Glagah Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi sistematis dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan.

Hasil analisis data yang diketahui hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan metode active debate diperoleh nilai rata–rata 90,90% untuk guru dan diperoleh nilai rata–rata 92,04% untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji t nilai pre-test diperoleh hasil < , atau 0,42 < 1,67 dan untuk nilai post test diperoleh > , atau 24,63 > 1,67 maka dari itu menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi lisan siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan metode active debate meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran diskusi pada proses pembelajaran Sosiologi materi Konflik, Kekerasan dan Upaya Penyelesaiannya siswa kelas XI di SMAN I Glagah Banyuwangi.

 

Kata kunci:Active Debate, Komunikasi Lisan, Sosiologi

Abstract

 

The purpose of this research is to know the result from applying Active Debate Methode and the way to improve oral communication through treatment. The materials taken as the centre of the learning will be focusing in Sociology in explanation part of Conflict, Violence, and Problem Solution. These materials can be identified widely and suitable to be analized through many point of views. In addition, these materials give the bigger opportunity for the students to speak their arguments.

The design of the research used is True Experimental Control Group pretest-postest by using the subject of Experiment Class (XI Social 1) and Control Class (XI Social 2). This study, for instance, was held in SMAN 1 Glagah Banyuwangi. The treatment was examined in Experiment Class by applying the Active Debate Methode and Control Class with the Discussion Learning. In this research, the free variable is Active Debate Methode Application while the bound variable is the oral communication skill in Sociology materials such as Conflict, Violence, and Problem Solution of students grade XI SMAN 1 Glagah Banyuwangi. The data is collected by using systematical observation technique and test. Also, the data was analysed using t-test in order to know the different result between the Experiment Class and Control Class after given treatment.

                By using the Active Debate Methode, the result of percentage data in Experiment class reached the average score 90,90% for teacher, and 92,04% for students. In this case, the result is categorized as excellent. Furthermore, the result of data analysis using t-test through pre-test is applied in Farithmetic< Ftable or 0,42 < 1,67, and postest result is Farithmetic> Ftable or 24,63 > 1,67. From the result, after given treatment in the class, the students have a very big progress in term of oral communication.

 

In conclusion, the research proves that using the Active Debate Methode in Sociology materials such as Conflict, Violence, and Problem Solution is more progressive to significantly improve the communication ability of the XI grade students in SMAN 1 Glagah Banyuwangi, rather than using Discussion Learning.

 

Key words:  Active Debate, Oral Communication, Sociology

Published
2015-04-26
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 99