PENGEMBANGAN FOTO MATERI POKOK MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK KELAS 4 SDN KEBUNAGUNG 2 KABUPATEN SUMENEP

  • NURI FIKAYANTI

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam  sekitar,  serta   pengembangan  lebih  lanjut  dalam   menerapkan  dikehidupan  sehari-hari.  Di   SDN Kebunangung 2  Kabupaten Sumenep, nilai siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam cenderung rendah, sebagian besar guru dalam penyampaian pembelajaran mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi- materi tertentu terutama yang bersifat visual. Media foto dalam pembelajaran digunakan untuk memvisualkan atau menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Selain itu juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide dan mengilustrasikan keadaan. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan media foto pada materi pokok menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 4 SDN Kebunagung 2 Kabupaten Sumenep. Model yang digunakan untuk mengembangkan media foto adalah model Research and Development (R & D) oleh Sugiyono. Jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validasi kelanyakan media foto dengan data kualitatif oleh ahli media dan ahli materi menyatakan kondisi media sudah baik. Hasil uji coba produk dengan data kuantitatif oleh perorangan diperoleh nilai 87,2% sehingga dikategorikan sangat baik, uji coba produk oleh kelompok kecil diperoleh nilai 88,8% sehingga dikategorikan sangat baik, uji coba produk oleh kelompok besar diperoleh nilai 88,3% sehingga dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil belajar siswa pada penggunaan media foto d.b = N-1=26-1=25, diperoleh yaitu 1,708. Hasilnya menunjukkan bahwa lebih besar dari yaitu 8,92> 1,708. Dapat disimpulkan bahwa media foto yang dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah menggunakan media foto pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 4 SDN Kebunagung 2 Kabupaten Sumenep.

Kata kunci: Pengembangan, Media Foto

Abstract

Education Natural Sciences is a vehicle for students to learn about themselves and nature, as well as further development in applying daily life. The SDN Kebunangung 2 Kabupaten Sumenep, student scores on the subjects of Natural Sciences tends to be low, the majority of teachers in the delivery of learning have difficulty explaining certain materials that are primarily visual. Photo media in learning is used to visualize or channeling messages from the source to the receiver. It also serves to attract attention, to clarify and illustrate the idea of serving the state. Based on these reasons, the purpose of the development of this media is to produce media images of the subject matter to classify animals based on the type of food on the subjects of Natural Sciences Grade 4 SDN Kebunagung 2 Kabupaten Sumenep. The model used to develop the photo media is modeled Research and Development (R & D) by Sugiyono. The type of data used is the type of quantitative and qualitative data. Results of the validation test kelanyakan photo media with qualitative data by expert media and materials experts attesting to the media has been good. The results of product testing with quantitative data by individual values obtained 87.2% so categorized very well, testing the product by a small group gained 88.8% value so categorized very well, testing the product by a large group so the values obtained 88.3% categorized as very good. Based on student learning outcomes in the use of photo media db = N-1 = 26-1 = 25, obtained by the

1,708. The results showed that greater than that 8.92> 1.708. It can be concluded that the media images of the developed feasible and effective in improving student learning outcomes are increased after using media images

on subjects of Natural Sciences Grade 4 SDN Kebunagung 2 Kabupaten Sumenep.

Published
2015-05-19
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 22