PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCSIONAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA

  • OKI NURHADI

Abstract

Computer Assisted instruction merupakan suatu bentuk pengajaran yang di bantu oleh komputer, yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar-mengajar. Berdasarkan hasil studi observasi awal di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya pembelajaran pada mata pelajaran Biologi guru menggunakan metode ceramah, tugas dan buku teks dalam menyampaikan materi. Sehingga siswa kurang mendapat gambaran dan memahami terhadap materi yang telah disampaikan didalam kelas.

 Langkah-langkah pengembangan menggunakan model  Research & Development (R&D). Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berdasarkan angket untuk ahli materi dan media dan pengumpulan data berbentuk wawancara dan tes untuk siswa. Uji coba dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya dengan menggunakan sampel siswa kelas VII. Hasil uji coba kelompok besar, yakni pada kelas VII data yang diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 10.9>2.04.

Kajian produk yang dihasilkan pada BAB V menunjukkan bahwa pengembangan berbasis CAI sudah layak dan efektif dimanfaatkan guru sebagai sarana atau alat untuk menyampaikan materi di dalam kelas.

Kata kunci : Media CAI, Klasifikasi Mahkluk Hidup,

Abstract

Computer Assisted instruction is a from of teaching which was helped by a computer, which can stimulate the mind, feelings, concerns and willingnes of students so it creates teaching anf learning proces, based on the results of observational studies in SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, learning on the subjects biology, teacher user lectures, assigments and textbooks in presenting the material so that students do not get an overview and understanding of the material that has been presented in the class room.

                 The development used a model of Research and Development (R&D) by Sugiyono. Is used as th method of thesis preparation by using data collection techniques based on the questionere of materials, media and data collection in form of interviews and tests for students. The tests is done in SMP Muhammadiyah 6 Surabaya by using sample grade of VII grader. The trial results in major groupis on class VII, data obtained that t is greater than t table 10.9>2.04.

                The study of the product in chapter V shows that the development based of CAI media is already feasibly and effectively used by the teachers as a mean to deliver the material in the classroom.

Keywords : CAI, Classification of living

Published
2015-05-19
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 21