EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PRAJABATAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROVINSI JAWA TIMUR

  • HIRNANDA DIMAS PRADANA

Abstract

Abstrak

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan diklat yang pertama yang wajib diikuti oleh seorang CPNS.Diklat prajabatan menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dilakukan oleh CPNS untuk bisa menjadi PNS.Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur merupakan lembaga yang menyelenggarakan diklat prajabatan bagi aparatur pemerintah di daerah Provinsi Jawa Timur.

Pendidikan dan pelatihan prajabatan bagi CPNS merupakan diklat yang harus berjalan dengan baik guna menciptakan PNS yang baik.Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang penyelenggraan Pendidkan dan Pelatihan Prajabatan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur.

Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dengan mengevaluasi tiga hal, yaitu persiapan penyelenggaraan, saat pelaksanaan penelenggaraan, dan hasil penyelenggaraan.Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan lembar dokumentasi.

Dari hasil penelitian untuk kemampuan widyaiswara pada materi wawasan kebangsaan adalah 3,65 (baik), pada materi manajemen ASN adalah 3,675 (baik), pada materi percepatan pemberantasan korupsi adalah 3,6 (baik), dan pada materi pola pikir ASN adalah 3,925 (baik). Dan untuk keaktifan peserta diklat  pada materi wawasan kebangsaan adalah 3,5 (baik), pada materi manajemen ASN adalah 3,8 (baik), pada materi percepatan pemberantasan korupsi adalah 3,9 (baik), dan pada materi pola pikir ASN adalah 4,1  (sangat baik). Dan untuk uji – t adalah sebesar 10,64, yang berarti hasil belajar peserta diklat mengalami peningkatan yang signifikan.

Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa diklat prajabatan CPNS sudah berjalan dengan baik.Namun perlu ada peningkatan, agar dalam pelaksanaan diklat selanjutnya bisa lebih baik lagi.

Kata kunci:Evaluasi, Penyelenggaraan, Pendidikan dan Pelatihan, Calon Pegawai Negeri Sipil

Abstract

 “Prajabatan” Education and Training for candidates of civil servants is the first training that must be followed by candidates of civil servants. “Prajabatan” Education and Training be one of the absolute requirement that must be carried out by the candidates of civil servants to be a civil servants. Board of Education and Training East Java is an institution that organizes “prajabatan” training for government officials in the province of East Java.

“Prajabatan” education and training for the candidates of civil servants is training to be going well in order to be a good civil servants. Therefore, researchers interested in conducting research on the implementation “Prajabatan” Education and Training in the Board of Education and Training in East Java province.

Descriptive study conducted by evaluating three things, namely the preparation of the implementation, while the implementation, and result of operations. Methods of data collection using tests, observation, and documentation sheet.

From research to the ability of trainers on national awareness material is 3.65 (good), the management of material ASN is 3,675 (good), the acceleration material combating corruption is 3.6 (good), and the material mindset ASN is 3,925 (good). And for the liveliness of the training participants in national awareness material is 3.5 (good), the ASN management material is 3.8 (good), the acceleration combating corruption is 3.9 (good), and the material mindset ASN is 4 , 1 (very good). And to t – test is equal to 10.64, which means the learning outcomes of education and training has increased significantly.

From the research, it can be concluded that “prajabatan” education and training has been going well. But there needs to be an increase, so that the implementation of a training program could be better.

Key words:  Evaluation, Implementation, Education and Training, Candidates of Civil Servants

Published
2015-05-31
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 109