PENGEMBANGAN MEDIA CAI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO

  • INTAN RETNO ANGGRAENI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa kesulitan memahami mata pelajaran geografi materi tenaga eksogen, pelapukan, pengikisan, mass wasting, dan pengendapan karena hanya menggunakan buku referensi tanpa menggunakan media yang mendukung pembelajaran tersebut. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun dibawah KKM sebanyak 29 siswa. Dengan demikian diperlukan media CAI berbasis Android. CAI atau diambil dari istilah pembelajaran berbasis komputer (PBK) adalah bentuk penyajian bahan-bahan pembelajaran dan keahlian atau keterampilan dalam satuan unit-unit kecil, sehingga mudah dipelajari dan dipahami oleh siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI berbasis Android Mata Pelajaran Geografi untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto, serta layak dan efektif bagi proses belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan  media CAI berbasis Android ini adalah model Research and Development (R&D) dari Sugiyono.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan media CAI berbasis Android hasil pengembangan pada uji coba ahli materi I dan II mendapatkan prosentase sebesar 92,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli media I dan II mendapat prosentase sebesar 85% termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba perseorangan 90% termasuk kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan prosentase sebesar 85% termasuk kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar dengan prosentase 88,08% termasuk kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media CAI berbasis Android dalam  mata pelajaran  Geografi dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan tindakan untuk mengetahui keefektifan media CAI berbasis Android pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N1 + N2 – 2 = 36 + 36 – 2 =70 dengan taraf  kesalahan 5% (0,05),  maka nilai t0,05 harga t = 1,980 dan t-hitung adalah 3,787. T hitung lebih besar daripada t tabel (3,787>1,980) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut terbukti bahwa pengembangan media CAI berbasis Android mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto efektif untuk diterapkan.

Kata kunci: Pengembangan, Media CAI berbasis android, Geografi

Abstract


Based on observations and inteview of students have difficulty understanding the subject matter of geography, because only used textbook without media that support the learning process. Cause result in decreased learning outcomes under KKM as many as 29 students. So, to overcome the above results produce learning media CAI based on Android. CAI or taken from the term computer based Instructions is a form of presentation of learning materials and experties or skill in one small units, making it easy to learn and understood by students. The Research Aims To Develop A Media Cai Based Android On Subject Of  Geography to Increase the Result Of Study For Student of X Grade Of Sman 1 Dawarblandong Mojokerto. The media of CAI based on Android also give a positive effect and eligibility for students learning process. Developments model that be used to develop CAI based on Android is Research and Development (R&D) by Sugiyono. The research is kind of eksperimental research that compare between eksperimental group and control group. Data collection method that be used is observation, interview, documentation, questionnaire and test. The data will be both qualitative and quantitative data. The result of eligibility test of  media CAI based on Android from materials experts I and II got 92,5% is in very good category, media experts I and II got 85% is in  very good category. Individual test  got 90% is in  very good, small group test 85% is in very good category, and bigger group test got 88,08% is in  very good category. So it can be concluded that media CAI based on Android as subject of geography has been qualified to be used in teaching learning process. Media CAI based on android use T-test in order to know whether CAI based on Android is effective to be applied or not. T-test with d.b = N1 + N2 – 2 = 36 + 36 – 2 =70 with the fault rate 5% (0,05), so t0,05 t = 1,980 and t is 3,787. T is bigger than t table (3,787>1,980), as a result Ho rejected And Ha Accepted Or Proved That Media Cai Based Android Development is effective to be applied On Subject Of  Geography to increase the Result Of Study For Student of X grade  Of Sman 1 Dawarblandong Mojokerto.

Keywords: Development, CAI based on Android, Geography

Published
2015-06-11
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 41