PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO

  • NISFATUN NUROIFAH

Abstract

Berdasarkan observasi langsung melihat guru mengajar, strategi pembelajaran yang digunakan guru masih berpusat pada guru dan siswa bersifat pasif dalam pembelajaran. Siswa kesulitan dalam materi sistem ekskresi karena bersifat abstrak dan banyak terdapat istilah asing yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya, sehingga pemahaman siswa terhadap materi kurang. Dengan demikian diperlukan media pembelajaran berbasis aplikasi android materi sistem ekskresi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto sesuai kebutuhan siswa, diperlukan uji kelayakan media, dan diperlukan uji keefektifan media.

Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimen Design, model Nonequivalent Control Group. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media ini adalah model Research and Development (R&D) Borg and Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan membandingkan kelompok kontrol 42 siswa dan kelompok eksperimen 42 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara untuk ahli media dan ahli materi, angket dan tes untuk siswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil uji kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada uji coba ahli materi I dan II mendapatkan prosentase sebesar 95%  termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli media I dan II mendapat prosentase sebesar 82,14% termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba perorangan 6 siswa 88,66% termasuk kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 12 siswa dengan prosentase sebesar 85,83% termasuk kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar 24 siswa dengan prosentase 87,83% termasuk kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan tindakan untuk mengethui keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi android pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N1+ N2 -2 = 42 + 42 – 2 = 82 dengan taraf kesalahan 5%, maka nilai ttabel = 1,980 dan thitung adalah 4,995. Thitung lebih besar daripada ttabel (4,995 > 1,980). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media efektif untuk digunakan.

Sehingga pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android materi sistem ekskresi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Apabila media ini digunakan untuk lembaga/sekolah lain maka perlu dilakukan identifikasi, analisis kebutuhan, serta kondisi lingkungan. Karena setiap sekolah memiliki karakteristik siswa dan permasalahan yang berbeda-beda.

 

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android, Sistem Ekskresi

Abstract

 

Based on direct observation see teachers teaching, learning strategies used by teachers is still centered on the teacher and the students are passive in learning. Students difficulties in material sistem ekskresi because it is abstract and many foreign terms that they had never known before, so that students understanding of the material less. Thus the use of medya based learning android application for studying materi of system ekskresi for student of XI grade of SMAN 1 Dawarblandong Mojokerto in accordance with the need to determine the feasibility of medya, and medya effectiveness test is required.

Research desain used Quasi Eksperimen Design, model Nonequivalent Control Group. Developments model that used to develop learning medya based on application android is research and development (R&D) Borg and Gall by sugiyono. The research is kind of eksperimental research that compare between eksperimental group 42 students and control group 42 students. Data collection method that be used is interview for media experts and materials expert, questionnaire and test for students. The data will be both qualitative and quantitative data.

The result of eligibility test of  learning medya based on android application from materials experts I and II got 95% is in very good category, medya experts I and II got 82,14% is in very good category. Individual test got 88,66% is in very good category, small group test 85,83% is in very good category, and bigger group test got 87,83% is in very good category. So it can be concluded that learning medya based on android application has been qualified to be used in teaching learning process. Learning medya based on android application use T-test in order to know wheter Learning medya based on application android in effective to be applied or not. T-test with d.b = N1 + N2 – 2 = 42 + 42 – 2 = 82  with the fault rate 5%, so ttable=1,980 and t is 4,995. T is bigger than ttable  (4,995 > 1,980). So media is effective to used.

So development  of learning medya based on android aplication materi sistem ekskresi for student of xi grade of SMAN 1 Dawarblandong Mojokerto feasibility and effective be used in learning process. if the medya used for other schools that need a identification, need analysis, and environmental conditions. because a school have characteristics of students and differents of problem.

 

Keywords: Development, learning medya based on android application, sistem ekskresi

Published
2015-06-14
Abstract Views: 889
PDF Downloads: 604