PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK GAMBAR BERSAMA NIKEN BERBASIS FLASH TEMA PEKERJAAN UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TK KEMALA BAYANGKARI 74 SOKO TUBAN

  • NIKEN DWI NINGTIAS

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara menunjukkan bahwa TK Kemala Bayangkari 74 Soko Tuban, 24 anak masih kurang dalam mengembangkan kosakata. Dengan demikian diperlukan pengembangan media permainan tebak gambar bersama niken berbasis flash tema pekerjaan, uji kelayakan dan uji keefektifan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media media permainan tebak gambar bersama niken berbasis flash, untuk mengembangkan kosa kata anak kelompok B TK  Kemala Bayangkari 74 Soko Tuban. Media permainan tebak gambar ini dikemas dalam bentuk  CD dan dilengkapi dengan bahan penyerta.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R & D) dari Sugiyono, metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan keefektifan produk tersebut. Pengembangan media ini diperoleh jenis data kuantitatif dan kualitatif. Uji coba media dibagi menjadi 3 tahap, tahap pertama uji ahli materi dan media, tahap kedua uji perorangan dan kelompok kecil, dan tahap ketiga uji kelompok besar. Subjek uji coba yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 27 anak TK Kelompok B dalam uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes.

Hasil uji validasi kelayakan media permainan tebak gambar berbasis flash ini berdasarkan hasil angket ahli materi I dan II adalah 95,3% (sangat baik), hasil angket ahli media I dan II adalah 93,18% (sangat baik), hasil wawancara uji coba perorangan 100% (baik sekali), hasil waancara  uji coba kelompok kecil 100% (baik sekali), dapat disimpulkan bahwa media permainan tebak gambar bersama niken berbasis flash dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan tindakan untuk mengetahui keefektifan permainan tebak gambar bersama niken pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N1 + N2 – 2 df = (27 +27) – 2 dengan taraf  kesalahan 5% (0,05),  maka harga t = 2,000 dan t-hitung adalah 2,344. T hitung lebih besar daripada t tabel (2,344 > 2,000). Dari hasil tersebut terbukti bahwa pengembangan media permainan tebak gambar bersama niken berbasis flash untuk mengembangkan kosakata anak kelompok B di TK Kemala Bayangkari 74 Soko Tuban efektif untuk diterapkan.

Sehingga media permainan tebak gambar bersama niken berbasis flash tema pekerjaan untuk anak kelompok B di TK Kemala Bayangkari layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Apabila media ini digunakan untuk lembaga atau sekolah lain maka perlu dilakukan identifikasi, analisis kebutuhan serta kondisi lingkungan, karena setiap sekolah memiliki karakteristik anak dan permasalahan yang berbeda.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Permainan Tebak Gambar, kosakata.

 

Abstract

Based on observations and inteview to show that TK Kemala Bayangkari 74 Soko Tuban, 24 of childreens does not understand in develop of vocabulary. So that need development of media crush drawing with niken based on flash of work theme. Result of validation egibity media and effective of media crush drawing. The research purpose for result a product of media crush drawing with niken based on flash of work theme in grop B TK Kemala Bayangkari 74 Soko Tuban. Media crush drawing packaged in a CD with an accompanying material.

The development used Research and Development (R & D) model by Sugiyono, research methods used for result a product, and effectivitas product. The data will be both qualitative and quantitative data. Media trial is divided into 3 phases, the first phase of the test material and media experts, the second phase of individuals test, small groups, and a third phase of bigger groups test. Test subject matter experts are 2 people, 2 media experts, and 27childs in Group B in field trials. Data collection method that be used is observation, interview, documentation, questionnaire and test.

Results of the validation eligibility media crush drawing based on flash is results from matter experts I and II is 95.3% (very good), media experts I and II 93.18% (very good), the interview individual test 100 % (excellent), the results  interview small group 100% (excellent). So  it can be concluded that media crush drawing based flash with niken for develop vocabulary has been qualified to be used in teaching learning process. Media crush drawing with niken based on flash is effective to be applied or not. t-test with db = N1 + N2 - 2 df = (27 +27) - 2 with the fault rate 5% (0.05), so t = 2,000 and t is is 2.344. T T is bigger than t table (2,344> 2,000).  That media crush drawing with niken based on flash Development is effective to be applied in group B of work theme in TK Kemala Bayangkari 74 soko tuban.

So that development of media crush drawing with niken based on flash of work theme in group B TK Kemala Bayangkari 74 Soko Tuban has been qualified and effective to be used in teaching learning process. If the media use to other school that need identification, need assessment, and environment condition, because every school have different problem of children’s characteristic.

Keywords: Development, media crush drawing based on flash, vocabulary.

Published
2015-06-14
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 50