PENGEMBANGAN M-LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID MATA PELAJARAN PEMROGAMAN WEB UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI  8 SURABAYA

  • IKA KURNIAWATI

Abstract

Penelitihan ini bertujuan untuk pengembangan media E-Mobile berbasis aplikasi andoid untuk siswa kelas X multimedia meta pelajaran pemrogaman web tentang materi PHP, MySQL dan Dreamweaver. Model pengembangan yang digunakan Model Desain Pengembangan ADDIE (Analysis – Design – Develop – Implement - Evaluate) yang dipadu kan menurut langkah-langkah penelitian pengembangan yang direkomendasikan oleh Borg dan Gall dengan dasar pertimbangan bahwa model tersebut cocok untuk mengembangkanaplikasi web program.Pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara kepada ahli materi dan ahli media, angeket dan tes.Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan pada hasil belajar siswa.

Jenis data dari penelitihan ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif.Hasil analisis dari wawancara terstruktur dengan ahli materi dan media menyimpulkan bahwa media baik sekali. Dan dibuktikan juga dengan hasil uji coba angket perorangan dikategorikan baik dengan perolehan persentase 78,70% hasil uji coba angket kelompok kecil dikategorikan baik sekali dengan perolehan persentase 83,06%  dan hasil uji coba angket kelompok besar dikategorikan baik sekali dengan perolehan 83,05%. Sehingga pada hasil nilai pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas X multimedia menggunakan t-test thitung sebesar 3,425 yang kemudian dikonsultasikan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5%, maka didapat d.b = N-1 = 35- 1 = 34. Dalam tabel uji-t tak ditemukan d.b 34, maka d.b 34 tergolong masuk d.b 30 didapatkan ttabel 2,04. Ternyata thitung lebih besar dari thitung 3,425 > ttabel 2,204 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami perbedaan dan mengalami peningkatan setelah menggunakan E-MobileBerbasis Android Web Program Pada Mata Pelajaran Pemrogaman Web Di SMK Negeri 8 Surabaya.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Mobile Learning, Aplikasi android, Hasil belajar.

 

 

 

Abstract

This study aims to develop mobile learning media based on android application for tenth graders of multimedia major in web programing lesson, especially PHP, MySQL, dan Dreamweaver as the subject matters. Development model used is Development model design of ADDIE (Analysis – Design – Develop – Implement - Evaluate) which is implemented based on research methodology by Borg and Gall in which suitable to be implemented to teach we program application. The data is collected by documentation, interview, questioner and test. The data analysis aims to know the result by comparing students’ work.

This study use qualitative and quantitative data. the result of structured interview with the narasumber and media conclude that E-mobile media based on android application is effective to be given for tenth graders of multimedia major in learning web programing lesson, especially PHP, MySQL, and Dreamweaver as the subject matters. Moreover, the result of the individual questioner get percentage of 78.70 % that said good, the result of questioner  for small group said good in percentage of 83,06%, and the result of questioner for big group said good in percentage of  83,05%. Thus, in the result of pre-test and post-test that is done for tenth graders of multimedia using t-test tcounts is 3,425 which is consulted then by using t-test table distribution with the significant different is 5%, the conclusion is d.b = N-1 = 35- 1 = 34. In the t-test table is founded that d.b 34, thus d.b 34 is categorized by d.b 30 which is got by ttable2,04. In conclusion, tcounts  more than thitung 3,425 > ttabel 2,204 so that Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, students learning progressive get significant different and increase after using E-Mobile based Android Web Programe for web programming subject matters in SMK Negeri 8 Surabaya.

 

Keyword : Development, Mobile Learning, Android Application, Students’ learning  progressive.

Published
2015-07-07
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 158