PEMANFAATAN APLIKASI EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIFMERAKIT PERSONAL KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN MULTIMEDIADI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • ARISTA ERVIANA

Abstract

Study pendahuluan peniliti pada materi pembelajaran  jenis-jenis atau komponen personal komputer kurang dapat dipahami siswa, data nilai siswa di bawah KKM 75, guru masih kurang kreatif dalam penggunaan media dan kurang adanya media dalam pembelajaran. Sehingga siswa sulit untuk memahami materi pembelajaran jenis-jenis peralatan pada personal komputer serta spesifikasi masing-masing. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pemanfaatan aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif Merakit Personal Komputer Kompetensi Dasar merencanakan kebutuhan dan spesifikasi jurusan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. Pemanfaatan ini menggunakan model pembelajaran ASSURE  karena model pembelajaran ini bersifat prosedural. Model pembelajaran ini menekankan pada faktor pemanfaatan media dan bahan ajar yang direncanakan dengan baik agar membuat siswa belajar secara aktif. Metode pengumpulan data pada pemanfaatan ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan validasi. Metode observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru selama proses pemanfaatan aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran telah diketahui hasilnya yang diperoleh dengan dengan N=16-1= 15. Signifikan 95% r tabel 0,514 dan r hitung 0,823. Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa perolehan r hitung lebih besar dari r tabel dengan perbandingan angka 0,832 > 0,514 maka data yang dapat dianalisis menunjukkan adanya persamaan atau kesepakatan antara observer I dan observer II. hasil perhitungan uji t  di SMK Antartika 2 Sidoarjo dengan taraf signifikan 5% db = 35-1 = 34 sehingga diperoleh t tabel 0,339 dan t hitung 1,315. Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa perolehan t hitung lebih besar dari t tabel dengan perbandingan angka 1,315 > 0,339. Hasil perhitungan uji t  di SMK Wijaya Sidoarjo dengan taraf signifikan 5% db = 18-1 = 17 sehingga diperoleh t tabel 0,482 dan t hitung 1,750. Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa perolehan t hitung lebih besar dari t tabel dengan perbandingan angka 1,750 > 0,482. Dan hasil perhitungan uji t  di SMK YPM 8 Sidoarjo dengan taraf signifikan 5% db = 34-1 = 33 sehingga diperoleh t tabel 0,344 dan t hitung 1,207. Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa perolehan t hitung lebih besar dari t tabel dengan perbandingan angka 1,207 > 0,344. Dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media aplikasi edmodo tentang merencanakan kebutuhan dan spesifikasi personal komputer kelas X jurusan multimedia di sekolah menengah kejuruan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: pemanfaatan, aplikasi edmodo media pembelajaran, Merakit Personal Komputer.

 

Abstract


Research previos study of types of learning materials or the basic components of a personal computer competence, the data scores of student under KKM 75,teachers are still less creative in the use of media in the learning, therefore the students are difficult to understand of typey of equipments learning materials or components of personal computer with each other specifications. Based on the reasons,the objectives of this research is to increase the edmodo application as a learning media  on subjects for producfives lesson basic competence to assemble personal computer planning needs and specifications. The statements of the problem this research is “Is there any affect of the benefits using edmodo application as learning media to the results study of students at grade X on subjects the basic competence to assemble personal computer planning needs and specifications on multimedia departments senior vocation school?”. This research uses assure model because this learning model is procedoral.This learning model contents of fucturs media benefit and the lessons is planned well in order to make students to studys active. The research of methodology on this subjects using documentation , observation and validasion ,observation method is done by the researcher to the teacher till the learning process with edmodo application as the learning media have know the results, N=16-1 = is the significant 95% r table 0,514 and r hitung 0,823. Based on the results,we know that the scores of r hitung bigger than r table the comparison scores 0,832 > 0,514 , However the data can be analyzed that show or correc to there is the equatrons or agreement between observer  I and observer II. The results of uji t at SMK Wijaya Antartika 2 Sidoarjo with the significant 5% db= 35-1=34. So it can be gotten t table 0,339 and t hitung 1,315. Based on the results can be shown that t hitung bigger than t table with the comparison scores 1,315 > 0,339. Based on the resurts can be shown that t hitung bigger than t table result of uji t at SMK Wijaya Sidoarjo with the significant 5% db =18-1=17 so it can be gotten t table 0,482 and t hitung 1,207. And SMK YPM 8 Sidoarjo with the significant 5% db=34-1=33 so it can be gotten t tabel 0,344 and t hitung 1,750. Based on the results can be shown that t hitung bigger than t table with the comparison scores 0,344 > 1,750. The conclusion that using edmodo application about planning needs and specification person computer at grade X on Multimedia department in senior national school give tha effects or influences to the result of the study students.

Keyword : Using, Edmodo aplications of learning media, Assemble personal komputer.

Published
2015-07-07
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 240