Pengembangan media modul mata pelajaran Gambar Bentuk pokok bahasan Gambar sketsa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DKV di SMK IPIEMS Surabaya

  • MAYZUMROTUL HASANAH

Abstract

Modul merupakan media pembelajaran yang bersifat self-instructional yang memuat satu konsep atau unit dari bahan pembelajaran.Berdasarkan hasil studi observasi awal di SMK Ipiems Surabaya, pembelajaran pada mata pelajaran gambar bentuk belum memiliki sumber belajar baik LKS maupun buku paket sehingga pembelajaran kurang maksimal serta siswa hanya terpaku pada guru dalam menerima materi.Oleh karena itu tujuan penelitian ini yakni menghasilkan produk modul sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Pemilihan modul didasarkan pada karakteristik modul yang bersifat mandiri, dimana siswa tidak tergantung pada guru dalam menerima sebuah informasi atau materi.

 

                Langkah-langkah pengembangan menggunakan model Rowntree. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berdasarkan angket untuk ahli materi dan ahli media, sedangkan pengumpulan data berbentuk angket dan tes untuk siswa. Uji coba dilakukan di SMK Ipiems Surabaya dengan menggunakan sampel siswa kelas X DKV. Untuk mengetahui keefektifan modul, maka dilakukan pree test dan post test yang kemudian dijadikan bahan perbandingan.Jika t hitung lebih besar dari t table, maka hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

 

                Kajian produk yang dihasilkan menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk dipakai. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara pree test dan post test yaitu 15.73 > 2.04, dimana t hitung lebih besar dari t table. Sehingga dapa disimpulkan bahwa penggunaan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DKV SMK Ipiems Surabaya.

 

Key words: Modul, Gambar bentuk

 

MODULE DEVELOPMENT ON COURSE OF FORM SKETCH DRAW MATERY SKETCH TO IMPROVE STUDENT’S LEARNING ACHEVEMENT GRADE X DKV ON SMK IPIEMS SURABAYA

ABSTRACT

The module is a self instructional medium learning process containing single concept or unit of study materials. Be based on observe studyresult in SMK Ipiems Surabya the learning on drawing form isn’t yet has a task book, so the learning is not affectively an the student just see teacher as a only base in learning. That’s why the purpose of this experiment is to produce a module in self instructinaly, where the student doesn’t depent on teacher to recelving an information.

Development step in rowntree, by using data collection technique based on angket from media and matery expert, while data collection based on angket and student rest, experiment holds on SMK Ipiems Surabayaby using student sample on grade X, to know the module effectiveness there are pre test and post test. Where it used to be a base on comparation. If tbbigger than t table so this shows us that student has improved their learning result/achievement.

 Study that produced on chapter IV shows that module deserve to develop and big group test result is 15.73 >2.04 where t count bigger than t table so can be contact used that using this module an improve student’s learning achievement.

 Key words: development, media modules,sketch draw

Published
2015-07-07
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 208