PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE  RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA HIDROSFER SISWA KELAS X DI SMAN 1 KREMBUNG SIDOARJO

  • RIZKY CATUR ANANTA

Abstract

Pembelajaran di SMAN 1 Krembung Sidoarjo yang monoton khususnya mata pelajaran Geografi hanya akan berdampak pada kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran. Model pembelajaran konvensional yang lama dilaksanakan pada proses pembelajaran tidak diubah oleh guru mata pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi menurun. Dalam mengatasi hal ini diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui perlakuan pada materi Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Hidrosfer mata pelajaran Geografi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Eksperimental jenis Control group pretest–posttest, yaitu dengan subjek penelitian kelas eksperimen (X IS 1) dan kelas kontrol (X IS 2). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan variabel terikat yaitu hasil belajar mata pelajaran geografi materi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika hidrosfer siswa kelas X SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi sistematis dan tes. Data yang diperoleh dari tes yaitu nilai pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel. Teknik analisis data menggunakan uji t atau dengan uji Chi Kuadrat Dua Subjek untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan.

Hasil analisis data yang diketahui hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching diperoleh nilai rata-rata 95,55% untuk guru dan diperoleh nilai rata-rata 93,33% untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji Chi Kuadrat Dua Subjek nilai diperoleh hasil X2hitung 17,61 > X2tabel 3,841. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada proses pembelajaran Geografi materi Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Hidrosfer siswa kelas X di SMAN 1 Krembung Sidoarjo.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Geografi

 

Abstract

 

Learning in SMAN 1 Krembung Sidoarjo a monotonous especially geography subjects will only have an impact on the saturation of the students in their lesson. The conventional model of the old implemented in the learning process is not altered by the subject teachers so that learning results obtained by students to be dropped. In dealing with this requires a change in the learning activities one of which is the type of cooperative learning model Reciprocal Teaching type. The purpose of this research is to know the result from applying cooperative learning model Reciprocal Teaching type and improving student learning outcomes through treatment of the material Human Relations and Environmental Dynamics Hydrosphere in Geography.

 

The design of the research used is True Experimental Control group pretest-posttest, using the subject of experiment class (X Social 1) and control class (X Social 2). This study, for instance, was held in SMAN 1 Krembung Sidoarjo. The treatment was examined in experiment class by applying the cooperative learning model Reciprocal Teaching type and control class with the conventional learning model. In this research, the free variable is cooperative learning model Reciprocal Teaching type application while the bound variable is the result study in Geography materials such as human relations and environmental dynamics hydrosphere of students grade X SMAN 1 Krembung Sidoarjo. The data is collected by using systematical observation technique and test. Data obtained from tests pretest and posttest value is used to determine the normality and homogeneity of the sample. Data were analyzed technic use t test or Chi Square Test Two Subjects in order to know the different result between the experiment class and control class after given treatment.

 

By using the cooperative learning model Reciprocal Teaching type, the result of percentage data in experiment class reached the average score 95.55%  for teacher, and 93.33% for students. This case, the result is categorized as excellent. Furthermore, the result of data analysis using Chi Square Test Two Subjects grades obtained results X2hitung 17,61 > X2tabel 3, 841. These results showed an increase in student learning outcomes significantly after being given treatment.

 

In conclusion, the research proves that using the cooperative learning model Reciprocal Teaching type in Geography materials such as Human Relations and Environmental Dynamics hydrosphere is more progressive to significantly improve the study results of the X grade students in SMAN 1 Krembung Sidoarjo, rather than using conventional learning model.

 

Key words:  Cooperative Learning Model Reciprocal Teaching Type, Study Results, Geography

Published
2015-07-28
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 39