PEMANFAATAN MEDIA CAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN BUNYI DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BLITAR

  • AGNES TRI WILUJENG

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 7 Blitar  khususnya mata pelajaran Fisika memiliki permasalahan proses belajar mengajar yang masih menerapkan metode konvensional ceramah dan penugasan.   Model pembelajaran konvensional yang lama dilaksanakan pada proses pembelajaran tidak diubah oleh guru mata pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi menurun. Dalam mengatasi hal ini diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya pemanfaatan media CAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media CAI pada materi Bunyi mata pelajaran Fisika.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimental jenis Non Equivalent Control group Design, yaitu dengan subjek penelitian kelas eksperimen (VIII D) dan kelas kontrol (VIII A). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Blitar. Perlakuan kelas eksperimen dengan memanfaatkan media CAI dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan LKS. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas yaitu pemanfaatan media CAI dan variabel terikat yaitu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fisika materi bunyi siswa kelas VIII SMPN 7 Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi sistematis dan tes. Data yang diperoleh dari tes yaitu nilai pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel. Teknik analisis data menggunakan uji t atau dengan uji Chi Kuadrat Dua Subjek untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan.

Hasil analisis data aktifitas guru dan siswa di kelas eksperimen dalam proses pemanfaatan media CAI diperoleh nilai rata-rata 90% untuk guru dan diperoleh nilai rata-rata 90% untuk siswa termasuk dalam kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji Chi Kuadrat Dua Subjek nilai diperoleh hasil X2hitung 8,31 > X2tabel 3,841. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan pemanfaatan media CAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada proses pembelajaran Fisika materi Bunyi siswa kelas VIII SMPN 7 Blitar.

 

 

Kata kunci :Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Intruction), Hasil Belajar, Fisika

Abstract

 

The study at SMPN 7 Blitar, especially in physic lesson has a problem study in teaching which still does a method of speech and giving an assignment. The conventional method has done in along time, in the method the teacher didn’t change any subject or method in that study. So the result of study forward to student is decreased. Solving this problem needs CAI media to change or improve study. The purpose of this research is to find out the improvement  of result study to the student through CAI media in sound material ( physic lesson ).

Experimental research (Non Equivalent Control Group Design ) is used in this study.  The subject of this study is for experiment class (VIII D) and control class (VIII A). This research was held at SMPN 7 Blitar. The researcher did the usage of CAI media in experiment class and conventional study did in class control using methods lectures, discussion and worksheets. Variable of this study are the independent variable is the usage of CAI media and independent variable is to improve the result study in sound material of Physic lesson forward VIII SMPN 7 Blitar class. Data collection method in this research is systematic observation and test. The data is gained from pretest and posttest score which used to find out normalitas and homogenitas sample. Data Analysis Techniques uses t experiment or “Chi Kuadrat Dua” experiment to know the differences between 2 experiment classes after being given the treatment.

       Results of the data analysis activities of teachers and students in the experimental class in the process of media utilization CAI values obtained an average of 90% for teachers and obtained an average value of 90% for the students included in the criteria very good. The result of using “Chi kuadrat Dua Subject” X2hitung 78,27 > X2tabel 3,841. The result showed up that there was improvement in result study of student significantly after given treatment.

The conclusion of this research shows that the treatment of usage CAI media can improve result of study significantly than using conventional study method in Sound Material of Physic Lesson in VIII SMPN 7 Blitar student.

 

Key words : learning media CAI (Computer Assisted Intruction), result study of physic

Published
2015-07-28
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 25