PENGEMBANGAN MODUL TENTANG ANALISIS JENIS-JENIS KAMERA DAN ALAT BANTU FOTOGRAFI PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • RORO RAHAYUNING PRAMUDITA

Abstract

Program keahlian Multimedia di  Sekolah Menengah Kejuruan merupakan suatu disiplin ilmu    yang menerapkan pembelajaran tentang teori dan praktek. Di SMK Negeri 10 Surabaya khususnya, ada salah satu mata pelajaran yaitu Komposisi Foto Digital dengan materi analisis jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi, metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan media Modul adalah model pengembangan Research and  Development (R&D)  dikarenakan model  pengembangan ini  prosedural karena mengacu pada pengertiannya yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. berdasarkan hasil angket ahli materi adalah 88,3% (baik), hasil angket uji coba ahli media adalah 93,4% (baik), hasill angket uji coba perorangan adalah 80% (baik), hasil angket uji coba kelompok kecil adalah 89% (baik), dan hasil angket uji coba kelompok besar adalah 95% (baik). perhitungan hasil post-test diperoleh nilai (86,22) lebih besar dari nilai rata-rata uji coba pre-test (62,83), dalam penghitungan signifikansi 5% (Sugiyono, 2010) diperoleh t-hitung (5,274) lebih besar dari t-tabel (3,061). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul dinyatakan layak dan efektif serta dapat membantu proses belajar mahasiswa secara mandiri.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Modul, Jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi.

 Abstract

Multimedia program in vocational middle school is a diciplines science that apply the theory and practice of learning approaches. At SMK Negeri 10 Surabaya, there is one of the subjects that the composition of digital photos, in this course have known that students have difficulties in understanding the theory being taught and students also need guidance to explore their own material in order to explore knowledge gained in the classroom. The development metods use in the manufacture of medium module is a model instructional Research and Development (R&D), because the development model of procedural due reference to the understanding that outlines the steps that must be followed to produce rhe product. based on  the  results of  material experts    questionnaires are  88,3% (good), The  results of  media  experts questionnaires are  93,4 % (good), result of the individual testing is 80%, result of the a small group’s questionnaire is 89% (good), and  result of the a large group’s questionnaire is 95% (good). the results of the calculation value obtained test post (86,22), is greater than the average value of the pre-test trials (62,83) . It is concluded that the development of the media modules are feasible and can help students learn independently.

Keywords: Development, Module Media, Analysis of the types of cameras and photography.

Published
2015-07-28
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 231