PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS XI MA AL-ISHLAH, LAMONGAN.

  • FIRMAN ERIS SAPUTRA

Abstract

Pembelajaran dan media Merupakan bagian yang terpisahkan, media adalah solusi untuk penyampaian pesan dalam sistem pembelajaran. Media Computer assisted Instructional merupakan pengajaran yang dibantu oleh kompute, yang dapat merangasang pikiran, perasaan, Perhatian dan kemauan siswa.  Dari asil studi awal di MA Al- Ishlah, Lamongan pembelajaran pada mata pelajaran biologi guru menggunakan metode ceramah, tugas, dan buku teks dalam menyampaikan materi. Sehingga siswa kurang mendapat gambaran jelas untuk memahami materi. Disinilah pengembang membuat media Computer assisted Instructional sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran. Research & Development (R&D) adalah model pengembangan yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini. Validasi dilakuakan dengan ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran dengan berkonsultasi, wawancara, dan angket untuk para ahli dan siswa. Uji coba dilaksanakan di MA Al- Ishlah, Lamongan kelas XI IPA dan diperoleh hasil t  hitung lebih besar dari t table yakni 6,03>2,042. Sehingga bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan media ini sangat layak dan efektif dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media, Computer Assisted Instructional, Sistem Pencernaan pada manusia.

 Abstract

Learning and media is an integral part, the media is the solution for the delivery of messages in the learning system. Computer Assisted Instructional Media is assisted by kompute teaching, which can merangasang thoughts, feelings, attention and willingness of students. Of acyl initial studies in MA Al Ishlah, Lamongan learning in subjects menggunakanmetode biology teacher lectures, assignments, and textbooks in presenting the material. So that students do not get a clear picture to understand the material. This is where developers create Computer Assisted Instructional media as an alternative media in the learning process. Research & Development (R & D) is a development model that is used in the preparation of this thesis. Validation dilakuakan with materials experts, media experts, and learning by consulting experts, interviews, and questionnaires to experts and students. Tests conducted at the MA Al Ishlah, Lamongan grade XI and the obtained results t is greater than t table ie 6.03> 2.042. So that it can be concluded that by using this medium is feasible and effective in the learning process.

 

Keywords:  Development, Media, Computer Assisted Instructional, the human digestive system.

Published
2015-07-28
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 35