PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TENTANG KESEJARAHAN KERAJAAN-KERAJAAN PADA MASA HINDU BUDHA DAN ISLAM KELAS V MI ISLAMIYAH SUMBERWUDI LAMONGAN  

  • MUHAMMAD NADIR

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran gabungan dari sejarah, sosiologi, ekonomi, ilmu politik, pemerintahan, antropologi dan geografi. IPS mempelajari tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya yang bersumber dari kehidupan sosial masyarakat. Pembelajaran IPS bersumber dari masyarakat yang meliputi pertumbuhan, perkembangan, dan kemajuan kehidupan termasuk segala aspek dengan permasalahannya. proses pembelajaran IPS kebanyakan masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif. Guru mengajar dengan metode konvensional dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi monoton. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan media monopoli sebagai proses pembelajaran pada bidang studi IPS Tentang Nilai-Nilai Kesejarahan Kerajaan-Kerajaan Pada Masa Hindu, Budha, Dan Islam.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D oleh Sugiyono, model pengembangan ini dipilih karena langkah-langakah pengembangan yang sistematis dan mudah dilaksanakan dalam penelitian. Model pengembangan ini memiliki sepuluh tahap pengembangan yang komplit untuk kebutuhan pengembangan sehingga berpotensi untuk menghasilkan produk/media yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Disesuaikan dengan kebutuhan, penelitian ini hanya menggunkaan 8 tahapan tahapan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, Uji coba produk, revisi produk dan ujicoba pemakaian

Pengembangan media ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validasi kelanyakan media monopoli oleh ahli materi I dengan 3,4 kategori sangat baik, ahli materi II dengan 3,3 kategori sangat baik, ahli media I dengan 3,7 dengan kategori sangat baik, ahli media II dengan 3,7 kategori sangat baik, angket siswa dengan 91,55 kategori sangat baik. Berdasarkan hasil belajar siswa pada penggunaan media kartu bergambar diperoleh d.b = N-1 = 39-1 = 38  dengan taraf kesalahan 5% (0,05) adalah 2,04 dan t-hitung adalah 10,4. Apabila t-tabel < t-hitung, maka 2,04 < 8,46. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media monopoli dibandingkan dengan pembelajaran tidak menggunakan media terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas V di MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Monopoli, Tentang Nilai-Nilai Kesejarahan Kerajaan-Kerajaan Pada Masa Hindu, Budha, Dan Islam, Peningkatan Hasil Belajar

 

Abstract

IPS is a combination of subject from history, sociology, economics, political science, government anthropology, and geography. IPS learn about aspect related to the social environment, humanism, and sourced from social life. Learning IPS sourced from the public which include growth, development, and advancement of all aspect of life including the problem. Generally, the process learning IPS still use the old paradigm where teacher give students the knowledge to passive. Teachers teach with conventional methods and students just sit, listen, record, and memorize so teaching and learning activities becomes monotonous. Based on these reason, the purpose of this media development is to generate monopoly media as a learning process of study IPS about values of the historical kingdoms on Hindu, Buddhism, and Islam.

This development use development model R and D by Sugiono, development models have been steps development of systematic and easy to implement in the research. This development model has ten stages of development are complete for the needs of the development that has the potential to produce a product/media well and fit for use in learning. Based to the needs, this study on Based to the needs, this study only use six stages namely the potential and problems, data collection, product design, validation, and testing the use of design revisions.

This media development using quantitative and qualitative data types. The result of the validation test worthiness monopoly media by material I with 3.4 excellent category, material expert II with 3.3 very good category, media expert I to 3.7 with excellent category, media expert II with 3.7 very well category, the student questionnaire with 91.55 very good category. Based on outcomes student learning use media picture cards obtained d.b = N-1= 39-1= 38 with a standard error of 5 % (0.05) is 2.04 and t-test was 10.4. If the t-table <t-test, then 2.04 < 8.46. So it can be concluded that the learning use of the monopoly media than learning don’t use media is significant difference in the ability of students in improving learning student outcomes in grade V in MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan.

 

Keywords: Development,  Monopoly Media, Values Of The Historical Kingdoms On Hindu, Buddhism, And Islam, Improved Learning Outcomes

Published
2015-07-28
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 60