PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK HISTOLOGI TUUMBUHAN KELAS XI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

  • DWI NOVITASARI

Abstract

Teknologi sudah menjadi kebutuhan kehidupan masyarakat terutama dalam proses pembelajaran. Penggunaan teknologi yang lebih dikhususkan pada penggunaan komputer yang merupakan alat bantu yang sangat diperlukan diberbagai kegiatan, khususnya di bidang pendidikan. Kualitas pembelajaran sangat erat kaitannya dengan guru dalam mengelola dan menyajikan ilmu pengetahuan. Langkah yang perlu diambil dalam menunjang kegiatan pembelajaran agar efektif dan efisien adalah seorang guru selain memiliki kemampuan dalam mengembangkan metode pembelajaran juga diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Media pembelajaran merupakan metode dan teknik yang digunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Pada pemilihan media ini harus sesuai dengan karakteristik siswa dan sekolah dimana akan dapat meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan media komputer pembelajaran ini dipilih karena dianggap sangat cocok dengan karakteristik siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo sebagai bentuk media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media komputer pembelajaran dengan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Biologi  untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo.

Subjek penelitian berjumlah masing-masing 30 siswa untuk kelas kontrol dan kelas eksperimental. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan test. Pada hasil analisis observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses pemanfaatan media komputer pembelajaran diperoleh hasil 0.75 untuk kegiatan guru. Sedangkan 0.84 untuk kegiatan siswa. Sehingga hasil tersebut dikonsultasikan dengan kriteria maka tergolong sangat baik. Pada hasil uji tes diperoleh hasil yang signifikan antara hasil post-test  dan pre-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dapat dibuktikan dengan uji-t dengan taraf 5% (t hitung = 3.43 > t table = 2,00).  Sehingga didapat data yang diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media komputer pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo.

 Kata kunci: Pemanfaatan media komputer pembelajaran, Hasil belajar siswa.

Abstract

Technology has become a necessity of life society especially in the learning process. The use of more technology is devoted to the use of a computer is an indispensable tool in various activities, especially in the field of education. The quality of learning is closely associated with teachers in managing and presenting the science. Steps need to be taken in support of the learning activities in order to effectively and efficiently is a teacher in addition to having the ability to develop learning methods are also expected to make use of the media the learning that has been adapted to the learning objectives to be achieved. The media is learning the methods and techniques used in order to streamline communication and interaction between teachers and students in the process of education and teaching in school.

On the selection of this medium should be in accordance with the characteristics of the students and the school which can improve the quality in the process of learning. On the selection of this medium should be in accordance with the characteristics of the students and the school will be able to improve the quality of learning in the process. Purpose of the research conducted is to know is there any significant influence between the utilization of computer-assited instructional with improved learning results on Biological subjects to grade XI SMA Negeri 1 Driyorejo.

The subject of the study amounted to respectively 30 students of control class and the experimental class. Research methods used in this research is quantitative methods. The type of research is True Experimental Design. Data collection using the method of observation and tests. Observation on the results of the analysis that has been done, it is known that the process of learning computer media utilization of obtained results of 0.75 for teachers. Whereas 0.84 for students. So the results should be referred to the criteria then it belongs to very good. On the test results of tests obtained significant results between the results of the test and post-pre-test in the control group and the experimental group can be proven by test-t with a 5% level (t = count + 3.43 > table t = 2.00). So the obtained data noted that there was significant influence between the utilization of computer-assited instructional to increased student learning outcomes grade XI SMA Negeri 1 Driyorejo

 Keyword         : The use of Computer-Assisted Instructonal, The result of learning process

Published
2015-07-28
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 132