PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN  HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN BALONGSARI 7 MOJOKERTO

  • MARIA DESY NATALIA

Abstract

Studi pendahuluan peneliti pada materi alat musik tradisinonal Indonesia mata pelajaran IPS. Materi tersebut kurang dapat dipahami siswa, dari data nilai awal siswa kelas V SDN Balongsari 7 Mojokerto di bawah KKM 67, hal tersebut disebabkan guru masih kurang kreatif dalam penyampaian materi dan kurang adanya media dalam menjelaskan ketika proses pembelajaran. Sehingga siswa tidak termotivasi untuk memahami materi pokok alat musik tradisional Indonesia. berdasarkan alasan tersebut maka tujuan pemanfaatan media ini adalah merenovasi proses pembelajaran pada materi pokok alat musik tradisional Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi alat musik tradisional Indonesia. Objek penelitian adalah siswa kelas V SDN Balongsari 7 Mojokerto yang terdiri dari 39 siswa.

Berdasarkan analisis data observasi pada guru kelas V di kelompok eksperimen SDN Balongsari 7 Mojokerto perlakuan ke-2 (terakhir) diperoleh adanya kesepakatan antara obsever I dan obsever II dengan hasil rata-rata 94,021% maka dari hasil observasi tersebut tergolong “baik sekali”. Sedangkan dari hasil perhitungan untuk pre-test menunjukkan bahwa kedua kelompok tersebut memiliki kemampuan awal siswa yang sama. Hasil analisis menggunakan uji Chi Kuadrat (X2) Dua Subjek diperoleh X2hitung25.058 sedangkan X2tabel diketahui sebesar 3,841 (untuk taraf signifikansi 5%) dan 6,635 (untuk taraf signifikansi 1%). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa post-test kelompok eksperimen ada peningkatan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran flashcard alat musik tradisional Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi alat musik tradisional Indonesia siswa kelas V SDN Balongsari 7 Mojokerto.

Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Pembelajaran Flashcard Alat Musik Tradisional Indonesia dan Hasil Belajar.

 

Abstract

The previous research ever examined about Indonesia traditional instrument in social studies, and the result indicated that the student couldn’t understand what the learning. The data which gotten from 5th class students is under 67 (criteria minimal result), it caused the teacher weren’t creative to give the learning and no media can be practiced. So, the student have no motivation to understand the main learning about Indonesia traditional instrument. Because of the case, this research try to give new innovation for Indonesia traditional instrument learning. This research held to can be use to increase learning result. The research object are 5th class student in SDN Balongsari 7 Mojokerto. There are 39 students.

Based on data analyzed which known from 2nd observation data to 5th class teacher in experiment group SDN Balongsari 7 Mojokerto was gotten average result. The analyzed data show the deal between obsever I and obsever II in experiment class. From the teacher observation data was gotten average result 94,021%. It indicated “very good”. From the pre-test in experiment group and control, the result show no significant difference between the group. The analyzed data from Chi Kuadrat (X2) Dua Subjek test show X2hitung25,058 and X2tabel 3,841 (5% significant degree) and 6,635 (1% significant degree). There is increasing result. So, can be concluded that the utilization of flashcard learning media can to increasing social studies result with Indonesia traditional instrument for 5th class students in SDN Balongsari 7 Mojokerto.

Keywords: Utilization, Flashcard learning media social with Indonesia traditional instrument and Studies result.


Published
2015-07-29
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 18