EVALUASI  MEDIA AUDIO MEMBACA CERITA HASIL PRODUKSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2008

  • MOH.AGUS IRYANTO

Abstract

Media Audio pembelajaran yaitu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara. Memproduksi media audio pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti mencoba melakukan evaluasi terhadap salah satu media audio pembelajaran yang diproduksi mahasiswa Teknologi Pendidikan yaitu media audio pembelajaran yang berjudul “Membaca Cerita”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media audio pembelajaran dari aspek materi(content), media serta efektifitas dari media tersebut. Manfaat dari penelitian ini diaharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembang media audio untuk penyempurnaan media audio yang diproduksi, memberi masukan bagi lembaga sekolah dalam memanfaatkan suatu media pembelajaran harus melalui tahap evaluasi terlebih dahulu dan sebagi acuan peneliti lain dalam mengevalausi kualitas program media audio.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu program atau media. Pengumpulan data peneliti menggunakan metode kuesioner (angket), tes dan wawancara, sedangkan untuk subyek dari media audio yang berjudul Membaca Cerita adalah siswa kelas VIISMP Maarif 01 Lawang, Guru Bahasa Indonesia kelas  VII, serta Dosen audio Teknologi Pendidikan untuk menilai kualitas teknis media audio tersebut. Hasil penelitian nantinya akan dituangkan dalam laporan tertulis. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan rumus persentase, setelah itu akan dibandingkan dengan kriteria yang telah ada.

Data yang diperoleh dari lapangan terkumpul dan kemudian dianalisis maka diperoleh hasil sebagai berikut untuk aspekmateri memperoleh persentase 80,90%, dan untuk aspekmedia memperoleh persentase sebanyak85,66% serta hasil pretest dan posttest untuk mengetahuiperubahan hasilbelajarsiswasebelumdansesudahdiputarkan media audio tersebut diuji dengan  menggunakan uji-t  dan diperoleh thitung sebesar 6,547 sedangkan nilai ttabel dari taraf signifikansi 5% sebesar 2,06 dan 1 % sebesar 2,80 maka diperoleh thitung >ttabelsehingga media audio tersebut dapat dikatakan ada perubahan yang signifikan pada saat sebelum dan sesudah mendengarkan media audio. Keseluruhan persentase yang diperoleh media audio yang berjudul “Membaca Cerita” dapat dikategorikan baik dan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tapi ada beberapa aspek yang kurang dan harus ada perbaikan.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Media Audio

 

Abstract

Instructional audiomedia is a media or learning tools that provide audio learning contains messages through sound. Producing instructional audio media is one of the courses taught in the Department of Curriculum and Educational Technology. In this research the researcher tried to do an evaluation onaudio media produced by  educational technology college students years 2008 titled “read story”. The objectives of the research is to ensure the degree of worthiness of content and media. The benefit of this research hopefully able to give the suggestion for the audio media developer in order to be perfect, giving the suggestion for the school in using the instructional media must be through the evaluation first and become a consideration for another researcher in evaluate the quality of the audio media.

This research is a evaluation research which is aimed to  determine the extent to which the success of a program or media. In collected the data researcher use the questioner method, test and interview, meanwhile the subject of audio media titled “read story” are the pupils of 7th grade Maarif Junior High School Lawang, Indonesian Language Teacher7th grade, and the lecturer of Audio Educational Technology to value technical quality of the media. The result of this research the will pour in to a written report. Then to analyze the data using a percentage formula then will compare with the criteria.

After the data collected and analyze  so that will get the result, for the material aspects gets the percentage 80,90 %,and for media aspect get as much as 85,66% and the result of pretest and posttest  to ensure the effectiveness of media using t test  and get tcount6,547, then ttablefrom  significant degree 5 % is 2,06 and 1 % is 2,80 so tcount>ttableso audio media can be sain there are significant changes in the moments before and after listen the audio media. From the whole percentage of audio media title “read story” able to categorize “Good” and able to apply as the instructional media even though there are some aspects have to be repair.

 

Keyword:Evaluation, Audio Media

 

Published
2015-07-29
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 165