PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN TEKNIK PENGOPERASIAN PESAWAT PENYIPAT DATAR (PPD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X GEOMATIKA SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • NITA DWI WAHYUNI

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 7 Blitar  khususnya mata pelajaran Fisika memiliki permasalahan proses belajar Penelitian pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Nganjuk dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran produktif kompetensi dasar menjelaskan teknik pengoprasian peasawat penyipat datar (PPD) dikarenakan banyak materi yang harus dipelajari oleh siswa berupa penjelasan proses-proses pengoprasian PPD yang mana proses tersebut di perlukan penjelasan secara mendetail seperti penyetelan gelembung nivo. Selain itu siswa sering lupa jika guru mereview materi sebelumnya, karena dalam proses pembelajaran masih dijelaskan secara lisan, sehingga ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam menangkap materi. Selain itu guru dalam proses pembelajaran menggunakan papan tulis, serta buku paket yang dikemas dalam power point dan materi penunjang buku ilmu ukur tanah sebagai sumber belajar, sedangkan dalam buku ilmu ukur tanah sendiri tidak banyak ilustrasi gambar yang dapat menjelaskan proses tersebut, sehingga pembelajaran yang terjadi didalam kelas bersifat konvensional yaitu text book dan teacher centered. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video pembelajaran yang layak dan efektif  serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Nganjuk.

Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Research and Development “R&D” dimulai dari tahap penelitian, pengumpulan data dan tahap implementasi. Subjek uji coba pengembangan media ini yaitu Ahli Materi, Ahli Media, dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Nganjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, angket untuk merevisi media video pembelajaran, dan tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil validasi media yang dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa Ahli Materi 96,66 %, Ahli Media 100%, uji coba perseorangan 89,58% coba kelompok kecil 87,5%, uji coba kelompok besar 79,99%, hasil uji-t ternyata t hitung lebih besar dari pada t table yaitu 18,18 > 2,021. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran dinyatakan layak, dan dapat membantu proses belajar mengajar oleh guru dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Video Pembelajaran

 

Abstract

 

Research on student class X SMK Negeri 1 Nganjuk is motivated by the lack of students understanding to productive subject of basic competence to expalain the operating techniques of automatic levelling because a lot of material that must be studied by students in the form of explanation processes of the  operation automatic levelling which is the process required detail explanation such as the adjustment of the nivo. In addition, students often forget when teacher review the material beforehand, because the learning process is still difficulties in receiving material. Beside, teacher in the learning process using blackboard, and textbook that are packaged in a power point and supporting material geometry soil book as a learning resource, whereas in the goematry soil book it self is not much illustrasions that can explain the process, so the learning that takes palace in the convensional classroom is text book and teacher centered. This study aims to develop media video a learning that is praper and effective also can improve the results of class X students of  SMK Negeri I Nganjuk.

                The media development using development model of Research and Development  “R&D” starting form research stage, data collection and implementation. The subject test of this development media is Matter Experts, Media Experts, and student class X of SMK Negeri I Nganjuk. Data collection technique using interview, questionnaire, to revise media video learning, and test to determine the student results.

                Based on media validation results that have been collected can be concluded that Matter Experts 96,99%, Media Experts 100%, individual test 89,58%, small group test 87,5%, large group test 79,99%, t-test results appear that tcount is greater than t table is 18,18 > 2,021. It can be concluded that the development of media video leraning declared proper and can help the learning process by teacher and can improve the student results.

Keywords : Development, Media Video Learning

Published
2015-08-11
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 75