PENGEMBANGAN MEDIA KAMUS PUTAR JINANTRA UNGGAH UNGGUH BASA JAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI POKOK BASA NGOKO DAN KRAMA UNTUK SISWA KELAS V SDN BABATAN V SURABAYA

  • YUNIKA RAHMA PUTRI Z

Abstract

Penelitian pada siswa kelas V SDN Babatan V Surabaya dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar siswa pada pelajaran bahasa Jawa. Kesulitan tersebut terdapat pada kemampuan berbicara yaitu penggunaan basa ngoko dan krama. Selain itu dalam pembelajaran bahasa Jawa tidak adanya media yang khusus membahas tentang basa ngoko dan basa krama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran by design berupa kamus putar pada pelajaran bahasa Jawa materi pokok basa ngoko dan basa krama yang layak dan (2) mengembangkan media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media kamus putar adalah model R & D (Research and Development). Dalam pelaksanaan pengembangan media kamus putar ini dilakukan modifikasi dari model pengembangan R&D karena disesuaikan dengan keperluan pelaksanaan pengembangan media. Media telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran serta telah diujicobakan kepada siswa kelas V SDN Babatan V Surabaya sehingga media ini layak untuk digunakan. Sedangkan untuk mengetahi perbedaan hasil belajar siswa digunakan Quasi Eksperimental design dengan kelompok eksperimen (yang menggunakan media) dan kontrol (yang tidak menggunakan media). Desain eksperimen ini menggunakan pre-test dan post-test pada kedua kelompok.

Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil persentase ahli materi 100% (sangat baik sekali), ahli media 87,2% (sangat baik sekali), ahli pembelajaran 100% (sangat baik sekali). Uji coba perseorangan 84,77% (sangat baik sekali), uji coba kelompok kecil 87,96% (sangat baik sekali), dan uji coba kelompok besar 98,34% (sangat baik sekali). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media layak digunakan. Berdasarkan hasil t-test diperoleh d.b = 38 dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,021 dan thitung = 2,55. Apabila ttabel < thitung, maka 2,021 < 2,55 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan dan tanpa menggunakan media kamus putar. Sehingga penggunaan media kamus putar Jinantra Unggah Ungguh Basa Jawa pada mata pelajaran bahasa Jawa materi pokok basa ngoko dan basa krama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Babatan V Surabaya.

 

Kata kunci : Pengembangan, Media Kamus Putar, Bahasa Jawa

Abstract

                The background study of this research is the difficulties learning in Javanese language subject of fifth grade student in public elementary school Babatan V Surabaya. The difficulties learning is speaking ability which is basa ngoko and krama application. Furthermore, there is no media that concern about basa ngoko and krama discussion on Javanese language learning. This research purpose (1) to develop learning media by design which is circle dictionary in basa ngoko and krama material of Javanese language subject and (2) to develop learning media which can increase the result of student study report.

The model of development which is used in development of circle dictionary is R&D model (Research and Development). Application of circle dictionary media development is modified R&D development model because it is appropriate with needs of media development application. Media has been validated by material expert, media expert and learning expert and tested to fifth grade students in public elementary school Babatan V Surabaya. While, to determine the influence before and after using media uses Quasi Experimental design with experiment group and control group. This eksperimental design uses pre-test and post-test at the second group.

                Kind of data is taken are qualitative and quantitative data. The conclusion of data analysis result shows that material expert is 100% (very good), media expert is 87,2% (very good), learning expert is 100% (very good), an individual of test is 84,77% (very good), a small group of test is 87,96% (very good), and large group of test is 98,34% (very good). T-test is reached d.b = 38 with 5% significant level reached ttable= 2,021 and tcount= 2,55. If ttable , tcount so 2,021<2,5, the result can be concluded that there are significant differences of student study result using and without using media. So using circle dictionary Jinantra Unggah Ungguh Basa Jawa  on Javasnese subject can increase the result of student study report in the SD Babatan V Surabaya.

 

Keywords: Development, Circle Dictionary Media, Javanese Language

Published
2015-08-11
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 102