PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATERI EKOSISTEM DAN DAUR BIOGEOKIMIA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

  • ARDITA SARI DEWI

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media computer assisted instruction yang dapat digunakan oleh siswa dalam pelajaran Biologi khususnya materi ekosistem dan juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media Computer Assisted Instruction bagi siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Pengembangan ini mengunakan model pengembangan ADDIE. Dimana dalam model ADDIE terdapat 5 tahapan yaitu Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA sebanyak 25 orang, 3 orang siswa untuk uji coba kelompok perorangan, 9 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 25 orang siswa untuk uji coba kelompok besar. Lokasi dalam penelitian ini adalah SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket untuk mengukur kelayakan media, tes untuk mengukur keefektifan media, dan dokumentasi berupa foto.

Pengembangan Media Computer Assisted instruction telah mengalami uji kelayakan dan keefektifan. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi dan ahli media, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan yaitu dengan kelompok besar. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif presentase. Sedangkan hasil tes siswa di hitung menggunakan rumus uji t. Adapun dari hasil presentase kepada dua ahli materi yaitu 95% ( kategori baik) dan hasil presentase kepada dua ahli media yaitu 93,3% (kategori baik). Sedangkan hasil presentase uji coba perorangan yaitu 85,71% (kategori baik), hasil presentase uji coba kelompok kecil yaitu 88,09% (kategori baik) , dan hasil presentase uji coba kelompok besar yaitu 91,14% (kategori baik). Dari hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa Computer Assisted Instruction ini dikategorikan layak digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan taraf signifikan 5%,  db =N-1 (25-1)=24, sehingga diperoleh ttabel 2,064. Dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,79 > 2,064 maka hasil tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Computer Assisted Instruction ini dikategorikan efektif.

Kata kunci: Pengembangan, Computer Assisted Instruction, Ekosistem, Daur Biogeokimia, Biologi, ADDIE

 

Abstract

This development is aims to generate media computer assisted instruction that can be used by students in biology, especially on  the chapter of ecosystem and  also aims to  find out the feasibility and  effectiveness of media Computer Assisted Instruction for the students of tenth grade in on the low student learning outcomes in the tenth grade in Muhammadiyah senior high school 9 of Surabaya. The models and development used is ADDIE. Where the ADDIE model there are 5 steps namely Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation. Subjects in this development are  students of tenth grade  as many as 25 people, 3 students for individual trial, 9 students for small group trial, and 25 students for field with large group. The location of this development is Muhammadiyah senior high school   9 of Surabaya. Data collection techniques used in this study were interviews, questionnaires to measure the feasibility of the media, a test to measure the effectiveness of the media, and documentation in the form of photographs.

 

Media Development Computer Assisted instruction has undergone feasibility and effectiveness. In the implementation of the trial conducted several stages , namely: review with the material and media expert, individual trial , small group trial , and field with a large group . Data accumulation using interview and questionnaire method and then are analysed by descriptive percentage formula. Meanwhile, the result of the trial from students is counted by trial T test. The result of the trial to two material experts is 95% (good categories)  and to media experts is 93,3% (good categories)  . Meanwhile, the result of the trial to individual is 85,7% (good categories)   , small group trial is 88,09% (good categories)   , and large grouo trial is 91,14% (good categories) . From the results obtained, we can conclude that the Computer Assisted Instruction is considered fit for use. Based on calculations by the significant level of 5%, db = N-1 (25-1) = 24, so obtained t table 2.064. And tarithmetic greater than t table is  4.79> 2.064, the results indicate increasing from learning result. It can be concluded th at the Computer Assisted Instruction is considered effective.

Keyword: Development, Computer Assisted Instruction, Ecosystem, Biogeochemical Cycle, Biology, ADDIE

Published
2015-08-19
Abstract Views: 282
PDF Downloads: 858