PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH T/P SOFTBALL MATERI TEKNIK DASAR PERMAINAN SOFTBALL UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA SEMESTER 4 DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • FEBI WARTA NUR ANI

Abstract

Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya merupakan suatu disiplin ilmu yang menerapkan pembelajaran tentang teori dan praktek. Di jurusan pendidikan kepelatihan olahraga khususnya, ada salah satu mata kuliah yaitu T/P softball dengan materi teknik-teknik dasar permainan softball. Dari data yang diperoleh bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami mengenai teori yang diajarkan dan mahasiswa membutuhkan sebuah pedoman untuk mendalami materi secara mandiri agar dapat mengeksplorasi pengetahuan yang didapatnya didalam kelas.

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk video pembelajaran teknik-teknik dasar permainan softball serta mengukur kefektifitasan media video pembelajaran pada jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Video pembelajaran yang dikembangkan dikemas dalam bentuk kepingan CD.

Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan video pembelajaran adalah model pengembangan Research and Development (R&D) dikarenakan model pengembangan ini prosedural karena mengacu pada pengertiannya yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Data yang diperoleh dari uji coba produk video pembelajaran ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari wawancara, dan angket diperoleh dari ahli materi dan ahli media dan mahasiswa berupa tanggapan dan saran yang hasilnya digunakan untuk memperbaiki media video pembelajaran.

Hasil uji kelayakan media modul ini berdasarkan hasil angket ahli materi adalah 87,5% (sangat baik), hasil angket uji coba ahli media adalah 93,2% (sangat baik), hasill angket uji coba perorangan adalah 85% (sangat baik), hasil angket uji coba kelompok kecil adalah 86% (sangat baik), dan hasil angket uji coba kelompok besar adalah 91,5% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran dinyatakan layak dan dapat membantu proses belajar mahasiswa secara mandiri.

 

Berdasarkan perhitungan hasil post-test diperoleh niai (89,37) lebih besar dari nilai rata-rata uji coba pre-test (72,5) dalam penghitungan signifikansi 5% (Sugiyono, 2010) diperoleh t-hitung (6,544) lebih besar dari t-tabel (2,021). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran ini bisa diterima dengan baik oleh mahasiswa sehingga dalam proses pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran dapat memperjelas penyampaian materi untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa  semester IV jurusan pendidikan kepelatihan olahraga fakultas ilmu keolahragaan, universitas negeri surabaya.

 

Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Teknik-teknik Dasar Permainan Softball

 

Sports Coaching Education Department, Faculty of Sport Science University of Surabaya is a discipline that applies learning theory and practice. In sport coaching education in particular, there is one of the subjects about softball with the material of the basic techniques of games softball. From the data retrieved that students have difficulty in understanding about the theory being taught and students need a guideline to deepen material independently in order to explore the knowledge that gets inside the classroom.

The purpose of this development is to produce a product video learning basic techniques as well as softball games media video measuring learning in Coaching education in Sports School of Sport Science State University of Surabaya. Video learning developed packaged in the form of pieces of CDs.

The development method used in the manufacture of video learning is a model of the development of Research and Development (RD) because of this procedural development model because it refers to the sense i.e., outlines the steps to follow to produce a product. Data obtained from testing this learning video product is data qualitative and quantitative data. Quantitative data obtained from interviews and question form obtained from expert material and media experts and students in the form of feedback and suggestions that the results were used to improve the media video learning.

Feasibility test results media module is based on the results of the expert question form the material is 87.5 (very good), the results of the test media expert question form is 93.2 (very good), the result individual trials was 85 (very good), the results of the now small group testing is 86 (very good), and the now test large groups is 91.5 (very good). It can be concluded that the development of instructional video is revealed and can help the student learning process independently.

Calculation based on the results of the post-test acquired value (89,37) is greater than the average value of pre-trial test (72,5) in calculating significance 5 (Sugiyono, 2010) retrieved t-female (6,544) greater than t-table (2,021). It can be concluded that the development of this learning video could be well received by the students so that in the process of learning by using learning video can clarify the submission material to improve the learning outcomes of students semester IV sports coaching education Faculty of Sports Science State University of Surabaya.

 

Key words:  Development, Video Learning, Softball

Published
2015-08-19
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 26