PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN SUB BAGIAN PENARIKAN AKAR PANGKAT DUA DARI BILANGAN KUADRAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

  • KRISILIA BULANDARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran matematika materi bilangan sub bagian penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat. Penelitian ini, menggunakan dua sekolah yaitu SDN Dr. Sutomo IX Surabaya sebagai kelas kontrol dan SDN Dr. Sutomo X Surabaya sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan data yang diperoleh di SDN Dr. Sutomo IX Surabaya khususnya kelas V SD ditemukan bahwa ada 10 dari 29 siswa yang belum memenuhi KKM yaitu 75. Sedangkan di SDN Dr. Sutomo X Surabaya khususnya kelas V ditemukan bahwa ada 10 dari 28 siswa yang belum memenuhi KKM yaitu 75. Penelitian ini, memiliki langkah-langkah yang melibatkan partisipasi siswa dalam proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model pembelajaran ceramah yaitu uji pre-test, tahap pemberian perlakuan, dan tahap uji post-test. Berdasarkan analisis data pada perlakuan pertama signifikasi 5% diperoleh perhitungan untuk rtabel 0,444 < rhitung 0,764. Untuk perlakuan 2 pada signifikan 5% maka diperoleh rtabel 0,444 < rhitung 0,705. Kedua data yang dianalisis menunjukkan adanya kesepakatan di kelas ekperimen. Berdasarkan hasil analisis data observasi siswa, diperoleh perhitungan data kelas eksperimen perlakuan 1 pada signifikan 5% diperoleh rtabel 0,444 < rhitung 0,647, perlakuan 2 pada signifikan 5% diperoleh rtabel 0,444 < rhitung 0,677, pada signifikan 5% diperoleh rtabel 0,444 < rhitung 0,823. dari kedua data yang dianalisis menunjukkan adanya kesepakatan. Kemudian dari hasil observasi guru diperoleh rata-rata 94,11%, sedangkan untuk hasil observasi siswa diperoleh rata-rata sebesar 91,17%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments pada mata pelajaran matematika sub bagian penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD.

 

Kata kunci:Penerapan, model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments, penarikaakar pangkat dua dari bilangan kuadrat

 

Abstract

The purpose of this research is to find out the effect of teams games tournaments learning model toward fifth graders students study result at mathematic lesson in the material of sub-section number withdrawals square root of the squares number. Thi

s research using two schools, they are SDN Dr. Sutomo IX Surabaya as the control class and SDN Dr. Sutomo X Surabaya as the experimental class. Based on the data obtained at SDN Dr. Sutomo IX Surabaya especially fifth graders found that there are 10 from 29 students who didn’t complete the KKM score that is 75. In other hand, at SDN Dr. Sutomo IX Surabaya especially fifth graders found that there are 10 from 28 students who didn’t complete the KKM score that is 75. In this research, there are several steps that involve student’s participations in the process implementation of cooperative learning model type TGT and lecture learning model that is pre-test, treatment step, and post-test. Based on data analysis at the first treatment, 5% significance calculation obtained for rtabel 0,444 < rcalculate 0,764. For second treatment, 5% significance obtained rtabel 0,444 < rcalculate 0,705. The booth analyzing data shows there is a deal in the experimental class. Based on students observed data analysis result, the calculation of experimental data class at the first treatment 5% significance obtained rtabel 0,444 < rcalculate 0,647. For second treatment 5% significance obtained rtabel 0,444 < rcalculate 0,677, at 5% significance obtained rtabel 0,444 < rcalculate 0,823. The booth analyzing data shows there is a deal. Then from teacher observation result obtained 94,11% in average, while for students observation result obtained 91,17% in average. So, it can be conclude that the implementation of cooperative learning model type teams games tournaments at mathematic lesson in the material of sub-section number withdrawals square root of the squares number effect on fifth graders students study result.

 

Keyword                : implementation, cooperative learning model type teams games tournaments, withdrawals square root of the squares number

Published
2015-08-19
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 10