PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL MATA DIKLAT PEMETAAN KELUARGA SEJAHTERA DI BIDANG PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN BKKBN PROVINSI JAWA TIMUR

  • AYU NURCHINTA

Abstract

Model pembelajaran adalah sebuah bentuk kegiatan pembelajaran yang terangkai dari suatu pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Andragogi dipilih sebagai salah satu model pembelajaran yang mampu mengatasi masalah belajar bagi orang dewasa. Model pembelajaran andragogi dipilih dan didesain untuk diterapkan dalam pelaksanaan sebuah pelatihan di Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Guna meningkatkan hasil mata diklat Pemetaan Keluarga khusus untuk daerah Jawa Timur. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) yang berjumlah 23 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh nilai thitung  5,482 yang kemudian dikonsultasikan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% dan d.b 22 didapatkan ttabel 2,074. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau thitung 5,482 >  ttabel 2,074 sehingga hipotesis diterima atau terbukti bahwa penerapan model pembelajaran andragogi di Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Provinsi Jawa Timur dapat meningkatkan hasil mata diklat Pemetaan Keluarga Sejahtera. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran andragogi dapat meningkatkan hasil mata diklat Pemetaan Keluarga Sejahtera di Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Kata kunci: Andragogi, Hasil Mata Diklat

 

Abstract

Learning style is learning activities which are combined by an approach, strategy, technique to achieve a certain purpose of learning. Andragogy learning style is chosen as one of learning styles which is able to cover a learning problem for adults. The andragogy learning style is chosen and designed to be applied on the implementation on BKKBN training and developing division in east java province. It aims to improve the result of family classification training specifically for east java.This research is in the form of quantitative research. The subject of this research is scouts of planning family which sum up 23 people. While the data collection used in this research is observation and test. The data analysis technique used in this research is non parametric statistical analysis. Based on the calculation uses T-test formula, it can be got that (thitung) 5.482 which is consulted using T-test distributive table with 5 % and d.b 22, can be got (ttable) 2,074. Based on the result above, it can be seen that (thitung) is bigger than (ttabel) or it can be explained that (thitung) 5,482 > (ttabel) 2,074. So, the hypothesis is accepted or proved that the implementation of andragogy learning style on BKKBN training and developing division in east java province can improve the result of family classification training. In conclusion, the implementation of andragogy learning style can improve the result of prosperous family classification training on BKKBN training and developing division in east java province.

Key Words: Andragogy, Training Results

 

Published
2015-08-22
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 276