EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PASCA SERTIFIKASI GURU DI KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK

  • ARMITTA ROSWINDARINI

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar Negeri dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran pasca sertifikasi guru melalui Pendidikan Latihan Profesi Guru.

Penelitian ini mengunakan model evaluasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri yang telah lulus sertifikasi melalui Pendidikan Latihan Profesi Guru sebanyak 40 orang. Lokasi penelitian ini adalah di 12 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Loceret. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi berupa foto. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP oleh Stufflebeam yaitu Context, Input, Process, Product. Model yang sesuai untuk dapat mengevaluasi kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran di Kecamatan Loceret. Keempat komponen tersebut disesuaikan dengan komponen-komponen dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga didapatkan indikator penelitian. Dalam proses pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi sehingga memudahkan peneliti untuk mendapatkan data kuantitatif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian kompetensi pedagogik guru dalam tahap Context dapat dinilai baik memenuhi indikator merumuskan tujuan pembelajaran. Hasil kompetensi pedagogik guru dalam tahap Input menunjukkan nilai cukup baik karena pada umumnya belum memenuhi indikator pemanfaatan sumber belajar. Hasil penilaian kompetensi pedagogik guru dalam tahap Process otelah sesuai dengan indikator memilih strategi pembelajaran yang tepat sehingga dinilai baik. Hasil kompetensi pedagogik guru dalam tahap Product menunjukkan nilai baik karena memenuhi indikator teknik penilaian. Salah satu rekomendasi dalam penelitian evaluasi ini adalah perlu adanya monitoring khusus berkaitan dengan komponen RPP yang bisa dilakukan saat ada kegiatan Kelompok Kerja Guru.

Kata kunci:   Evaluasi, Kompetensi Pedagogik Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Sertifikasi Guru

Abstract

This evaluation study aims to determine the pedagogical competence of State Elementary School teacher in developing the lesson plan post-certification through the Professional Teacher Training Education.

This study uses a model of evaluation. Research subjects in this study were teachers of the State Primary School which has passed the certification through the Professional Teacher Training Education 40 people. The location of this research is in 12 elementary schools in the District Loceret. Data collection techniques used in this study was a questionnaire to measure teachers' pedagogical competence and documentation in the form of photographs. Evaluation model used in this study is a model of CIPP by Stufflebeam namely Context, Input, Process, Product. Appropriate model to be able to evaluate the pedagogical competence of teachers in developing lesson plan in District Loceret. The fourth component is adjusted to the components in the development of lesson plan to obtain indicators of research. In the process of collecting data using questionnaires and documentation methods making it easier for researchers to obtain quantitative data.

The results showed that the results of the assessment pedagogical competence of teachers in Context phase can be assessed better meet the learning objectives to formulate indicators. Results of pedagogical competence of teachers in the input stage shows pretty good value because in general do not meet the indicator use of learning resources. Results of pedagogical competence of teachers in the assessment phase otelah Process according to indicators choosing appropriate learning strategies that considered good. Results of pedagogical competence of teachers in the phase Product showed a good value because it meets the indicators of valuation techniques. One of the recommendations of this evaluation research is the need for special monitoring relating to the RPP components that can be done when there is activity Teacher Working Group.

Keywords: Evaluation, Pedagogic Competence Teacher, Lesson Plan, Teacher Certification

Published
2015-08-22
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 284