PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI BENTUK-BENTUK HUBUNGAN SOSIAL KELAS VIII SMP NEGERI 2 TALUN, BLITAR

  • DEVI KARTIKA DIAN PERMATA SARI

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 2 Talun, Blitar yang menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan LKS khususnya pada mata pelajaran Sosiologi hanya akan berdampak pada kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran. Model pembelajaran konvensional yang lama dilaksanakan pada proses pembelajaran tidak diubah oleh guru mata pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi menurun. Dalam mengatasi hal ini diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui perlakuan pada materi Bentuk-bentuk hubungan sosial pada mata pelajaran Sosiologi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Eksperimental jenis Control group pretest–posttest, yaitu dengan subjek penelitian kelas eksperimen (VIII F) dan kelas kontrol (VIII A). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Talun, Blitar. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan LKS. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan variabel terikat yaitu hasil belajar mata pelajaran Sosiologi materi Bentuk-bentuk hubungan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talun, Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi sistematis dan tes. Data yang diperoleh dari tes yaitu nilai pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel. Teknik analisis data menggunakan uji t atau dengan uji Chi Kuadrat Dua Subjek untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan.

Hasil analisis data yang diketahui hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diperoleh nilai rata-rata 94,7% untuk guru dan diperoleh nilai rata-rata 94,7% untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji Chi Kuadrat Dua Subjek nilai diperoleh hasil X2hitung 16,67 > X2tabel 3,841. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan LKS pada proses pembelajaran Sosiologi materi Bentuk-bentuk hubungan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talun, Blitar.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Sosiologi.

 

 

Abstract

Conventional Learning has been applied in SMP Negeri 2 Talun Blitar. Its conventional learning model is speech, ask answer and doing the question from LKS. Doing those conventional learning models in sociology lesson will have an impact in student. Student will get bored while getting the lesson from their teacher. The teacher has been doing this learning model for years. So the result study of the student has no improvement, or it can be said decreased. Cooperative learning model of jigsaw type is one of learning model which can overcome that problem. The purpose of this study is how to know this model is applied on the student and to know the improvement of result study of student through this treatment in kinds of social relationship on sociology lesson.

The design of the research used is True Experimental Control group pretest-posttest, using the subject of experiment class (VIII F) and control class (VIII A). This study, for instance, was held in SMP Negeri 2 Talun, Blitar. The treatment was examined in experiment class by applying the cooperative learning model Jigsaw type and control class its conventional learning model is speech, ask answer and doing the question from LKS. In this research, the free variable is cooperative learning model Jigsaw type application while the bound variable is the result study in Sociology kinds of social relation in sociology lesson of students grade VIII SMP Negeri 2 Talun, Blitar. The data is collected by using systematical observation technique and test. Data obtained from tests pretest and posttest value is used to determine the normality and homogeneity of the sample. Data were analyzed technic use t test or Chi Square Test Two Subjects in order to know the different result between the experiment class and control class after given treatment.

By using the cooperative learning model Jigsaw type, the result of percentage data in experiment class reached the average score 94,7% for teacher, and 94,7% for students. This case, the result is categorized as excellent. Furthermore, the result of data analysis using Chi Square Test Two Subjects grades obtained results X2count 16,67 > X2tables 3,841. These results showed an increase in student learning outcomes significantly after being given treatment.

               The conclusion of this study is show that this treatment by applying jigsaw learning model can improve the result study of student significantly than using conventional learning model which are speech, ask answer, doing the question from LKS. To sum up, there is an  improvement in jigsaw learning model in kinds of social relationship material on VIII grade SMPN 2 Talun Blitar student.

Keywords: Cooperative Learning Model Jigsaw Type, Study Results,Sociology

Published
2015-08-22
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 18