PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN “DAUR AIR” UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEMESTER 2 DI SDN SIDOHARJO 1 LAMONGAN

  • DESI KARTIKA SARI

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pengumpulan data wawancara yang telah dilakukan dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga siswa juga sulit untuk memahami. Untuk kompetensi dasar mendiskripsikan proses daur air guru hanya menggunakan media konfesional, sedangkan kemajuan teknologi saat ini sangat pesat sehingga begitu banyak media pembelajaran berbasis teknologi yang bisa digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Materi daur air ini akan sangat menarik perhatian siswa jika digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas yang terdiri dari 35 siswa. Dengan demikian diperlukannya media video pembelajaran untuk materi daur air, sehingga materi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami karena siswa mendapatkan gambaran langsung mengenai proses daur ulang dan hal - hal yang mempengaruhinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Video Pembelajaran Daur Air untuk Siswa Kelas V SDN Sidoharjo 1 Lamongan, serta layak dan efektif bagi proses belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media video pembelajaran ini adalah model Research and Development (R&D) dari Sugiyono. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Setelah dilakukannya uji kelayakan media Video Pembelajaran hasil pengembangan pada uji coba ahli materi I dan II mendapatkan hasil sebesar 94% dan dikategorikan Sangat Baik. Sedangakan pada uji coba ahli media I dan II mendapatkan hasil 85% dan dikategorikan Sangat Baik. Untuk uji coba perorangan dengan hasil 91,33% dikategorikan Sangat Baik, uji coba kelompok kecil 85% dikategorikan Sangat Baik, dan uji coba kelompok besar 86,63% dikategorikan Sangat Baik. Dapat disimpulkan bahwa media Video Pembelajaran untuk mata pelajaran IPA materi daur air dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, IPA

 

 

DEVELOPMENT THE MEDIA OF VIDEO LEARNING “WATER RECYCLE”

FOR FIFTH GRADE IN SIDOHARJO ELEMENTARY SCHOOL 1 LAMONGAN 

 

Abstract

 

 

Based on the results of research and data collection interviews that have been conducted in the learning process of teachers had difficulty in the delivery of learning materials so that students are also difficult to understand. To describe the basic competencies of teachers water recycling process uses only media confessional, whereas the current technological advances so rapidly that so many technology-based learning media that can be used and developed in the learning process. Material recycling this water will be very interesting if used in teaching students in the classroom that consists of 35 students. Thus the need for media instructional videos for material recycling of water, so that the material can be delivered more easily understood because students get a direct overview of the process of recycling and things - things that affect it.

This research aims to develop media Video Learning Recycled Water to Grade V Elementary School Sidoharjo 1 Lamongan, as well as feasible and effective for the students' learning process. Development models used in developing instructional video media are models Research and Development (R & D) of Sugiyono. Data collection methods used were observation, interviews, questionnaires and tests. The type of data that is obtained in the form of qualitative and quantitative data. Following the due diligence media Video Learning development results on the test material experts I and II get the results of 94% and categorized Very Good. While the trials I and II media experts to get the 85% and categorized as Very Good. For individual testing with 91.33% results categorized Very Good, small group trial 85% categorized as Very Good, and testing large groups 86.63% categorized as Very Good. It can be concluded that the media Video Learning for teaching science water recycling materials are feasible for use in the learning process.

 

Keywords: Development, Media Video Education, Science


Published
2015-08-22
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 27