PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FLASHCARD MATERI POKOK KOSA KATA BENDA- BENDA DI RUANG MAKAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II MI NURUL ULUM SIDOREJO KEBONSARI MADIUN

  • WARDA NOR FITRIANI

Abstract

Selain Bahasa Inggris, bahasa asing yang lazim diajarkan kepada siswa adalah Bahasa Arab terutama bagi sekolah

berbasis agama. Karena Bahasa Arab kini memiliki kedudukan yang sangat istimewa, bukan hanya sebagai bahasa al-Qur’an dan bahasa umat Islam saja, bahasa Arab saat ini sudah menjadi bahasa Internasional. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media visual flashcard materi pokok kosa kata Bahasa Arab tentang benda-benda di ruang makan kelas II MI Nurul Ulum.  Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D). Hasil uji kelayakan media visual flashcard adalah ahli materi

89,9 (baik sekali), ahli pembelajaran 82,5 (baik sekali), dan ahli media 85,2 (baik sekali), uji coba perorangan 94,4 (baik sekali), uji coba kelompok kecil 83,3 (baik sekali), serta uji coba pemakaian 89,3 (baik sekali). Untuk keefektifan  media  visual  flashcard  diperoleh  perhitungan  bahwa  thitung   lebih  besar  dari  pada  ttabel    dengan perbandingan angka thitung = 11,33 > ttabel = 2,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media visual flashcard efektif dalam meningkatkan hasil belajar kosa kata bahasa Arab materi pokok benda-benda di ruang makan.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Visual Flashcard, Kosa kata Bahasa Arab

 

Abstract

Beside English, the language that commonly studied to students is  Arabic, especially for faith-based school.

Because, nowdays Arabic has a very special position, not only as Al-Quran languages and Muslims languages, but also nowdays Arabic become an International languages. The purpose of this development to produce a produce of visual media flashcard subject matter of Arabic vocabulary about the object in the dining room class II MI Nurul Ulum. Development method used is the development model of Research and Development (R&D). The results of feasibility test visual media flashcard based on the result of interview material expert is 89,9 (excellent), learning experts 82,5 (excellent), and media expert 85,2 (excellent), individual test 94,4 ( excellent), small group test 83,3 (excellent), and using test 89,3 (excellent). For effectiveness of visual media flashcard obtained the calculation tcount more that ttable  with the comparative figure tcount  = 11.33 > ttable  = 2.05. It can be concluded that visual media flashcard is effective in improving learning outcomes Arabic vocabulary subject matter of the objects in the dining room.

 

Keywords: Development, Visual Media Flashcard, Arabic Vocabulary

Published
2015-08-22
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 288