PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI) PADA MATA PELAJARAN FISIKA MATERI POKOK KALOR KELAS VII-A SMP NEGERI 1 KARANGGENENG LAMONGAN

  • HUWAIDA LAVELLA RUSTYANING

Abstract

Media komputer pembelajaran (CAI) merupakan sebuah program pembelajaran yang menyediakan instruksi kepada siswa secara individual dan sebagai media yang interaktif, komunikatif serta menjadikan pembelajaran bervariasi. Penggunaan media ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran antara lain, keaktifan belajar siswa masih rendah, kesulitan dalam penguasaan konsep yang bersifat abstrak, keterbatasan media dan waktu dalam proses pembelajaran, serta nilai siswa tidak dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan R & D (Borg and Gall) dalam Sugiyono (2013: 409). Model pengembangan R & D (Borg and Gall) dalam penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk media komputer pembelajaran (CAI) serta menguji keefektifan dan kelayakan produk CAI yang dihasilkan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) data kualitatif wawancara yang diperoleh dari 2 ahli materi dan 2 ahli media diketahui bahwa media CAI ini termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, (2) data kuantitatif hasil angket siswa yang diperoleh dari hasil uji coba perorangan 90%, uji coba kelompok kecil 91,8%, dan uji coba kelompok besar 94,58%, serta (3) hasil pre-test dan post-test menggunakan uji-t mendapatkan nilai 1,68 < 2,42 < 3,47. Berdasarkan hasil perhitungan dengan harga = 3,47 menunjukkan bahwa penggunaan media CAI ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok kalor kelas VII-A SMP Negeri 1 Karanggeneng Lamongan.

Kata Kunci: Pengembangan, CAI.

 

Abstract

Computer Assisted Instruction (CAI) is a learning program that provides instruction to students individually, as an interactive and communicative media that makes the learning activities highly varied. This media is aimed to overcome the problems that appear in the learning process, such as students’ willingness to learn that is still low, students’ difficulties in mastering abstract concepts, the limitations of media and time in the learning process, as well as students’ scores which cannot achieve the expected competencies.

This media development uses the R & D model development by (Borg and Gall) in Sugiyono (2013: 409). The R & D model development (Borg and Gall) in this study is used for producing computer assisted instruction (CAI) program and for testing the effectiveness and feasibility of CAI products which is developed by the researcher.

The results of the study shows that: (1) the qualitative data interview obtained from the two material experts and two media experts shows that the CAI media are included in the "Very Good" category, (2) the quantitative data of students’ questionnaire obtained from the results of individuals test is 90%, small group trial is 91.8%, and large groups trial is 94.58%, and (3) the results of pre-test and post-test using t-test are 1.68 <2.42 <3.47. Based on calculations by price = 3.47 shows that the use of CAI media can improve student learning outcomes on the heat subject of physics in the VII-A class SMP Negeri 1 Karanggeneng  Lamongan.

Keyword : Development, CAI  

 

Published
2015-08-22
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 15