PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MATERI TEKS CERITA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS V SDN PUTAT JAYA III/379 SURABAYA

  • NADIA KUSTIANINGSARI

Abstract

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan tema Lingkungan Sahabat Kita, Indikator Membaca teks tentang hubungan manusia dan lingkungan membahas tentang materi teks cerita manusia dan lingkungan. Materi seperti ini kurang dapat dipahami oleh siswa dikarenakan siswa kurang adanya minat untuk membaca. Guru cenderung menggunakan buku teks tematik terpadu, terbatasnya media untuk materi tersebut. Sehingga siswa kurang memahami hubungan manusia dan lingkungan dengan membaca teks, siswa tidak dapat menyajikan informasi tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bermain peran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Dalam hal ini media komik digital merupakan media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kemampuan visualisasi siswa, membangun imajinasi, kemudian menuangkan ide-idenya bedasarkan urutan yang baik, serta dapat menceritakan secara runtut isi cerita sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Model pengembangan yang digunakan adalah mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) oleh Sugiyono. Model pengembangan ini memiliki sepuluh tahapan dalam pengembangan dan dipilih karena bersifat longitudinal atau bertahap untuk menghasilkan sebuah produk yang akan dimanfaatkan dalam pembelajaran. Dalam penggunaan model ini, pengembang hanya menggunakan sembilan tahapan untuk penelitian yakni tidak sampai ke pembuatan produk massal.

Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif presentase. Sedangkan data pretest dan postest di hitung menggunakan rumus uji T. Hasil analisis data terhadap uji coba kepada dua ahli materi yaitu 80% dikategorikan Baik dan uji coba kepada dua ahli media yaitu 95% dikategorikan Sangat Baik. Sedangkan hasil uji coba perorangan yaitu 100% dikategorikan Sangat Baik, uji coba kelompok kecil yaitu 100% dikategorikan Sangat Baik, dan uji coba kelompok besar yaitu 98,6% dikategorikan Sangat Baik. Hasil uji t memperoleh data 6,61 > 2,021 maka hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. 

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Komik Digital, Bahasa Indonesia, R&D Sugiyono.

 

Abstract

In Indonesian Language learning by using Environment is our friend theme, Indicator reading text about relationship between human and environment, discuss about strong text human and environment matter students can’t understand this matter because they are not interested to read. Teachers always use text book integrated thematic. This matter has limited media. So, the students can’t understand the relationship human and environment by reading text. The student can’t give information about natural and the effect of human activity by playing role based on learning purpose. In this case, comic digital is a suitable learning media to overcome the students visualisation capability, develop imajination and then express the idea based on the right procedure, and also can tell about the story coherently. So, It can be used in The Indonesian Language learning.

The development model that is used based on Research and Development model (R&D) by Sugiyono. This development model has ten phases and it is choosen because if has longitudinal character or gradually to produce a product that can be used in the learning activity. In the using of this model, developer only use nine steps to research, and it’s not use making massal product.

The method of collecting data use observation, interview, test, questionnaire and documentation, and then it is analized by using descriptive presentase formula. While pretest and postest data are calculated using Uji T formula. Analyze result data of trials for two expert matter is 80% categorized good and the trials for two expert media is 92,5% categorized very good. While trials result for every person that is 100% categorized very good, the trials for small groups is 100% categorized very good, and the trials for large group is 98,6% categorized very good. Uji T result get 6,61 > 2,021 data, so those result show that there is increasing of student learning result.

 

Key words : Development, Comic digital media, Indonesian Language, R&D Sugiyono. 


Published
2015-08-24
Abstract Views: 380
PDF Downloads: 541