PEMANFAATAN MEDIA BONEKA TANGAN DENGAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA MASANGANKULON

  • MUSTIKA ANGGER PUTRI NOVANDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media boneka tangan oleh guru dan mengetahui ketercapaian kemampuan bercerita menggunakan media boneka tangan.penelitian pemanfaatan ini dilakukan di TK Tunas Bangsa Masangankulon dengan subjek penelian adalah siswa TK Tunas Bangsa yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tanya jawab. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pemanfaatan media boneka tangan oleh guru. Tanya jawab digunakan untuk mengukur kemampuan bercerita siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan perhitungan PSA dan perhitungan PSP. Pada pengujian hipotesis menggunakan teknik wilcoxon untuk menguji hipotesis dua sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media boneka tangan yang diperagakan oleh guru menggunakan metode bercerita termasuk kategori baik sebesar 72,2% sedangkan peningkatan kemampuan bercerita sebesar 87,5% dari kemampuan awal kategori kurang 20%. Dari teknik wilcoxon untuk menguji hipotesis hasil dari tabel penolong untuk test wilcoxon dengan jumlah T 210 jadi Ho<Tt sehingga Ha diterima kesimpulannya media boneka tangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bercerita siswa  kelompok b di TK Tunas Bangsa.

Kata Kunci: Media boneka tangan, metode bercerita, kemampuan bercerita

 

Abstract

                   This study aimed to examine the use of hand puppets media by teachers and know the achievement of storytelling abilities to use media utilization tangan.penelitian doll is done in kindergarten Tunas Bangsa Masangankulon with penelian is subject Tunas Bangsa Kindergarten students totaling 20 students. Data collection methods used were observation and debriefing. Observation is used to collect data on media use by teachers hand puppet. Frequently asked questions used to measure the ability to tell the students. The approach used in this research is quantitative descriptive analysis technique using PSA calculations and calculations PSP. In the hypothesis testing using Wilcoxon technique to test the hypothesis of two paired samples. The results showed that the use of hand puppets media that was exhibited by the teacher using storytelling including both categories at 72.2% while the increase in ability to tell of 87.5% of the initial capabilities category is less than 20%. Wilcoxon technique to test the hypothesis result of the helper table to test Wilcoxon the number T 210 so Ho <Tt so that Ha received his conclusions hand puppet media has a significant influence on the ability to tell a group of students in kindergarten Tunas Bangsa b.

Keywords: media puppets, storytelling method, storytelling ability.

Published
2015-08-25
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 21