PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED  INSTRUCTION (CAI) SENI TARI NUSANTARA PADA MATA  PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPM 12 PACIRAN LAMONGAN

  • MOH. AGUNG PRASTYO

Abstract

Penelitian pada siswa kelas VII SMPM 12 Paciran Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahya nilai siswa pada materi seni tari nusantara dengan kompetensi dasar mengidentifikasi seni tari disebabkan guru hanya menggunakan buku paket sebagai sumber belajar. Selain itu, penyampaian materi dengan metode ceramah, sehingga siswa lebih cenderung mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran dan siswa akan lebih cenderung berbicara sendiri dengan temannya disebabkan siswa pasif dikarenakan guru hanya menjelaskan uraian, terbatasnya waktu yang di tentukan dalam materi ini cukup singkat 2X45 menit sehingga dalam penyampaian materi kurang efektif, di sisi lain kurangnya media yang tepat membuat siswa kurang memahami materi seni tari nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Computer Assisted Instruction (CAI) yang layak dan efektif untuk siswa kelas VII SMPM 12 Paciran Lamongan.

Model pengembang ini menggunakan Model Research & Development, (R&D) Sugiyono (2013:409) yaitu potensi dan masalah, mengumpul informasi, desain produk, validasi produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik analisis data yaitu wawancara, angket dan tes. Data kualitatif adalah data dari masukan, tanggapan dan kritikan dari ahli materi dan ahli media yang selanjutnya akan dianalisis dan digunakan dalam proses revisi media CAI. Teknik analisis data dengan menggunakan angket digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang kelayakan media Computer Assisted Instruction (CAI) yang digunakan untuk pembelajaran di kelas, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan tes digunakan untuk memperoleh data kuanitatif tentang keefektifan media Computer Assisted Instruction (CAI) dengan melalui soal uji pretest dan uji posttest.

Berdasarkan hasil analis data yang diketahui dari hasil review angket ahli materi dan ahli media dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Media Computer Assisted Instruction(CAI) seni tari nusantara direvisi dan diuji cobakan pada ahli materi dengan rata-rata 90%, ahli media dengan rata-rata 76,66 %,  uji coba per orangan dengan rata-rata 82.05%, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87.7%, uji coba kelompok besar rata-rata 88.23% dengan menggunakan skala penilaian yaitu skala likert dalam buku Riduwan, (2011: 15) tergolong baik sekali. Dengan hasil yang telah diperoleh maka media Computer Assisted Instruction(CAI) layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya materi seni tari nusantara.

Berdasarkan dari hasil perhitungan Uji t one group desain, maka dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata uji coba post-test yaitu  79,667 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test yaitu 64,667. Selain itu, berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 30- 1= 29, sehingga diperoleh ttabel 2.042. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6.465  2.042. dengan demikian perbedaan hasil pre-test dan post test tersebut dinyatakan signifikan dan efektif.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Computer Assisted Instruction (CAI)

.

 

 

Abstract

 

The observation was conducted at the seven graders of SMPM 12 Paciran Lamongan backgrounded by minimaly assesses student on art material dances archipelago with interest basing to identify dance art is caused just learn utilize package book as source of studying. Besides, forwarding material by methodics discourse, so more student tends to experience saturation in processes learning and student will more tend to get monologue with its friend caused by passive student because of teacher just words description, time the limited that at determinative in this material soon enough 2X45 minute so deep forwarding effective reducing material, on the other side reducing it media in point make reducing student understand art material dances archipelago. This research intent to develop media Computer Assisted Instruction  (CAI) one that reasonable and effective for student to braze VII SMPM 12 Paciran Lamongan.

The model of this thesis is Research & Development, (R&D) Sugiyono (2013:409) says that potention and problem, information gathering, product desaign, product validation, desaign validation, desaign improvement, trial and error of product, product revision. This is a descriptive qualitative and quantitative study. The researcher collected the data by using interview, giving questioners and test. The qualitative data is a data from suggestion, feedback and criticism, which is given by the theory and media expert. These data are analyzed and be used in the process of CAI media revision. Furthermore, the researcher uses questioners to collect the qualitative data related to the appropriateness of media CAI (Computer Assisted Instruction) in the teaching and learning process. Test is used to collect the quantitative data related to the effectiveness of media CAI (Computer Assisted Instruction) through pretest and posttest.

The result of the questioners, which are collected from the theory and media experts show the appropriateness of the CAI media. The CAI media that has been revised and tested to the theory experts show a value on average 90%, media experts show on average 76,66%, personal tested shows on average 82,05%, small group tested shows on average 87,7%, and large group tested show on average 88,23%. Based on the Likert Scale, Riduwan (2011:15), those values are in very good. These results show that CAI media is appropriate for teaching art material dances archipelago.

According to the result of T-test one group design, the Posttest value, 79,667, is higher than Pretest 64,667. Besides, this test uses the significant level 5% db=30- 1=29, the result of ttabel 2.042. Thus, thitung is higher than ttabel which is 6.465>2.042. Therefore, the difference between the pretest and the posttest result is significant and effective.

 

 

Keyword: Development, Computer Assisted Instruction (CAI)

Published
2015-08-26
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 17