PENGEMBANGAN MEDIA CAI (Computer Assisted Instruction) MATERI GAMBAR BENTUK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS X DI MAN 2 BOJONEGORO

  • AGUS ARISTA AFANDI

Abstract

Abstrak

Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa Media CAI (Computer Assisted Instruction)sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Materi Pokok Gambar Bentuk untuk meningkatkan hasil belajar Siswa.Media CAI (Computer Assisted Instruction) berisikan tentang materi yang dikemas dengan menggutamakan visual yang nantinya di dukung materi secara tertulis. Media CAI (Computer Assisted Instruction) berisikan audiovisual untuk memperjelas tentang cara menggambar yang baik dan benar sesuai dengan teori gambar bentuk. Kelebihan yang terdapat pada media CAI (Computer Assisted Instruction) yaitu memiliki lembar evaluasi siswa berupa soal-soal latihan yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh siswa menguasai materi dan hasil evaluasi berupa angka yang langsung di ketahui oleh siswa. Mengingat materi gambar bentuk yang merupakan materi dasar menggambar itulah media CAI (Computer Assisted Instruction) diperlukan untuk solusi dari permasalahan belajar pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 2 Bojonegoro.

Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembanganResearch and Development (R&D).Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikperhitungan PSA (PerhitunganSetiapAspek) dan teknikuji-t untuktes.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara untuk memvalidasi materi dan media kepada para ahli, dokumentasi berupa data-data kurikulum dan data kegiatan pelaksanaan penelitian dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah belajar menggunkan media CAI (Computer Assisted Instruction).Sedangkan untuk mengetahui dari kelayakan media dilakuakan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Dari semua aspek reviewer mendapatkan prosentase sebanyak 93,7% termasuk dalam kategori sangat baik. aspek reviewer ahli media mendapatkan prosentase nilai sebanyak 93%. Prosentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik.Data yang didapat pada uji coba satu-satu sebanyak 2 siswa, bahwa dari semua aspek angket untuk siswa mendapatkan prosentase nilai sebanyak 94%.Sedangkan data yang didapat pada uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa, bahwa dari semua aspek angket untuk siswa mendapatkan prosentase nilai sebanyak 87%.Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran animasi pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N-1 = 30-1 = 29 dengan taraf kesalahan 5% (0,05), kemudian diperoleh 0,367dan 6,005 . Jadi lebih besar dari yaitu 6,005> 0,367. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalammenggunakan media pembelajaran CAI pada siswa kelas X MAN 2 Bojonegoro siswa mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan pada materi gambar bentuk.

Kata kunci : Pengembangan, CAI, Seni Budaya dan Keterampilan, Gambar Bentuk

 

 

 

 

Abstract

 

This media development purposed to create a product of CAI media as taching method in cultural art and skill subject on shape drawing for increasing student quality. CAI Media consist of visual teaching substance supported by written subject. CAI media would be developed with audiovisual to make learner become easier to understand the drawing shape theory. The advantages of CAI is having an evaluation form with purpose of finding out the student understanding of the subject by giving exercises. As mentioned that drawing subject is the main matter, CAI would be valued in this case to solve the teaching method of cultural art and skill for increasing student quality in 10thgrade MAN 2 Bojonegoro.

Research and development (R&D) will be used in this observation. For collecting data method will use PSA and teknik uji t for the test. Collecting data method used is interview for material validation and media to the expert, documentation from curriculum data and observation to find out the study result from the students after using CAI. Besides, to find out the accuracy media, the researcher will use individually test, small and big group test.

From all the reviewer aspect, received 93.7% which is included in very good category. Media expert reviewer received 93%. Those percentage included in very good category. Data received from individually test shown that from all the aspect there are students received 94%. And data received from small group test is 10 students gets 87%. Furthermore, to figure out the media effectiveness for animation develop teaching method by t-test with d.b = N1 = 30-1 = 29 with 5% (0,05) mistake possibility, there after it comes with result of ttabel 0,367 and thitung 6,005. In other word thitung is bigger than ttabel which is 6.005> 0.367. by here it can be summarize by using CAI teaching media with 10th grade student from MAN 2 Bojonegoro is increasing the study result significantly to shape drawing subject.

Keyword : development, CAI, cultural art and skill, drawing shape.

 

Published
2015-10-09
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 25