PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTs. NEGERI 2 SURABAYA

  • REZKI DWI PUTRA

Abstract

Abstrak

Penelitian pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Surabaya dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA materi pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia dikarenakan materi ini merupakan materi yang sulit dilihat secara langsung, karena bersifat alur proses yang terjadi didalam tubuh manusia. Pada kegiatan pembelajaran penjelasan materi secara lisan menggunakan metode ceramah dengan menggunakan buku paket dan gambar charta. akan tetapi gambar charta yang digunakan, belum cukup menunjang dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa dimana sebanyak 65% siswa dikelas belum mencapai KKM (75). Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media Computer Assisted Instruction tentang Sistem Peredaran Darah pada Manusia yang layak dan efektif untuk siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Surabaya.

Model dan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Research and Development (R&D) menurut sugiyono. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu review dengan ahli materi dan ahli media, evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba pemakaian yaitu dengan kelompok besar. Intrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Tes dilakukan dengan menggunakan desain One Group Pretest – Posttest. Teknik analisis data menggunakan teknik perhitungan PSA (Prosentase Setiap Aspek) dan rumus uji t.

Data hasil hasil validasi ahli materi I termasuk kategori baik sekali, ahli materi II termasuk kategori baik sekali, ahli media I termasuk kategori baik sekali dan ahli media II termasuk kategori baik. Hasil uji coba perseorangan yaitu 83,33%, uji coba kelompok kecil yaitu 85%, dan uji coba kelompok besar yaitu 87,38%. Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instruction ini dikategorikan baik sekali dan layak digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan taraf signifikan 5%, db=N-1 (35-1)=34 sehingga diperoleh ttabel (2.04). Jadi thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 5.36 > 2,04. Jadi dapat disimpulkan bahwa media CAI ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Media Computer Assisted Instruction, IPA, Sistem Peredaran Darah pada Manusia.

Abstract

The background of the research on the eight graders of MTs. Negeri 2 Surabaya is the lack of student’s comperehension in undersanding the human circulatory system in biology subject. This is happened because it is difficult to directly see the human circulatory system that is circulated inside human body. In the traditional learning activity, the teacher only explains the material orally with the help of textbooks or charts. However, the chart used in this material is not enough to support the learning process. It is proven by the fact that 65% students in the class haven’t reach the minimum standart criteria (75). This study is supposed to develop the CAI media of human circulatory system in biology subject for the eight graders of MTs. Negeri 2 Surabaya.

The model and procedure development tha are used in this research is R&D model by Sugiyono. There are several stages during the trial which are reviews from material expert and media expert, evaluation from the individual participants, small group trial, and large group trial. The instruments for the data collection are interview, questionnaire, and test. For the test, it uses one group pretest-posttest design. The data analysis technique uses PSA technique and t-test.

The validate result from the first and second material experts categorize this media as a splendid media. The first media expert categorizes this media as splendid media, and the second media expert categorizes it as a good media. The result from the individual test is 83,33%, small group result is 85%, and the large group test result is 87,38%. According the results, it can be concluded that this computer assisted instruction media is categorized as a splendid and proper media. Based on the calculation of significant level 5%, db = N-1 (35-1) = 34, the ttable (2,04) is retrived. Thus, the thitung is larger than ttable in which 5,36 > 2,04. In conclusion, this CAI media is an effective media to increase student’s learning result.

Keyword :Computer Assisted Instruction media, Sains, Human Circulatory System.

Published
2015-10-09
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 13