PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI INTERAKSI DALAM EKOSISTEM MEMBENTUK SUATU POLA UNTUK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

  • RENDY OKTO PERMANA

Abstract

Pada zaman modern seperti saat ini teknologi sangatlah kita butuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Teknologi sekarang sudah tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan manusia. Teknologi sangatlah membantu kita dalam berbagai hal. Tidak terkecuali kurikulum 2013 yang saat ini sudah menuntut para siswa menguasai teknologi. Teknologi dalam pendidikan sekarang mulai dibutuhkan sebagai bahan belajar untuk siswa. Dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya ditemukan masalah belajar yang terjadi pada materi Interaksi Dalam Makhluk Hidup Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII. Nilai siswa dalam 3 tahun terakhir menunjukan banyak siswa lebih dari 50% nilainya berada dibawah KKM. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction)yang layak dan efektif pada materi Interaksi Dalam Makhluk Hidup Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

Terdapat tiga rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Diperlukannya pengembangan media CAI pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Diperlukannya uji kelayakan pada media CAI untuk mata pelajaran IPA materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Diperlukan uji keefektifan pada media CAI untuk mata pelajaran IPA materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Tujuan penelitian dari penelitian ini yaitu menghasilkan Media Komputer Pembelajaran CAI untuk mata pelajaran IPA materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Untuk mengetahui kelayakan dari media CAI ini jika digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mata pelajaran IPA materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII khususnya di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Untuk mengetahui keefektifan dari media CAI pada mata pelajaran IPA materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola untuk kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Spesifikasi produk ini adalah produk dari Pengembangan Media Komputer Pembelajaran CAI ini digunakan untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya pada mata IPA Alam materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola. Media Komputer Pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola. Bahan penyerta berisikan buku panduan dalam memanfaatkan media komputer pembelajaran, petunjuk penggunaan untuk memudahkan guru dan siswa dalam menggunakan media CAI. Petunjuk untuk guru dan siswa perawatan media setelah dipakai. RPP mata pelajaran IPA materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola.

Berdasarkan hasil analis data wawancara Ahli Materi diperoleh perhitungan nilai sebesar 94,15 termasuk dalam kategori (baik sekali). Dan Ahli Media perhitungan nilai sebesar 84,37 termasuk dalam kategori (baik sekali). Sedangkan hasil angket uji coba produk kepada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya hasil presentaseuji coba perorangan 93,74 (baik sekali), hasil presentase uji coba kelompok kecil 93,83 (baik sekali), serta hasil presentase pada uji coba kelompok besar 93,05 (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media CAI ini dikategorikan baik sekali dan layak digunakan. Dari hasil analisis data hasil test pembelajaran menggunakan media CAI (Computer Assisted Instruction) terdapat perbedaan yang signifikan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media CAI. Ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai data hasil testnilai t hitung = 10,55. Dari hasil perhitungan d.b = N-1 =38-1 = 37 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t0,05 harga t tabel = 2,43. t hitung lebih besar dari pada tabel t tabel dengan perbandingan angka t hitung = 10,55 > t tabel = 2,43. Sehingga dapat disimpulkan bahwa CAI (Computer Assisted Instruction) efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

Kata kunci: Pengembangan, Media CAI (Computer Assisted Instruction).

In the modern era such as this, technology is very needed in our daily activities. Technology now can not be separated again in human life. Technology is helping us in many ways. No exception to the curriculum in 2013 which now requires students to master the technology. Technology in education is now starting to be required as a study material for students. From interviews conducted by researchers with teaching science teacher at Muhammadiyah 4 Junior High School Surabaya was found to the problem of learning that occurs in the material Interactions In Living Forming A Pattern for class VII. Scores for students in the last 3 years showed many students more than 50% in scores under KKM. Besides, a material explanation is only given orally and then an explanation of textbooks students BSE is only slightly. Therefore, this study aims to develop media CAI (Computer Assisted Instruction) properly and effective on Interactions In Living material Forming A Pattern for class VII Muhammadiyah 4 Junior High School Surabaya.

There are three formulation of the problem of this research is the development of media CAI The need for learning in science subjects in the Ecosystem Interactions material Forming A Pattern for class VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. The need for due diligence in the media CAI for material science subjects Interactions in Ecosystems Forming a Pattern for class VII in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Required test the effectiveness of the media CAI for material science subjects Interactions in Ecosystems Forming a Pattern for class VII in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. The research objective of this research is generating Computer Learning Media CAI for material science subjects Interactions in Ecosystems Forming A Pattern for class VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. To determine the feasibility of this CAI media if used in learning and teaching materials for science subjects Interactions in Ecosystems Forming A Pattern for class VII, especially in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. To determine the effectiveness of media CAI in science subjects in the Ecosystem Interactions material Forming A Pattern for class VII in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. The product specification is the product of the Media Development Computer Learning CAI is used for the seventh grade students of SMP Muhammadiyah 4 Surabaya in the eyes of Natural Science in Human Interaction materials Forming a Pattern. Computer Learning Media is expected to help teachers and students in the learning process, especially on the subjects of Natural Sciences in Human Interaction materials Forming a Pattern. Accompanying material contained in the guide books utilizing computer media learning, instructions for use to facilitate teachers and students in using the media CAI. Instructions for teacher and student media treatment after use. RPP material science subjects Interactions in Ecosystems Forming a Pattern.

Based on the results of a data analyst Content Expert interviews obtained by calculating a value of 94.15 included in the category (excellent). And Expert Media calculating a value of 84.37 included in the category (excellent). While the results of the questionnaire testing the products to class VII Muhammadiyah 4 Junior High School Surabaya results percentage individual testing 93.74 (excellent), the percentage of small group trial 93.83 (excellent), as well as the percentage results in a large group of 93 trials 05 (excellent). With the results obtained, we can conclude that the media is categorized CAI excellent and suitable for use. Data analysis test results of learning to use the media CAI (Computer Assisted Instruction) there are significant differences in learning that do not use the media CAI. Ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai data hasil testnilai t hitung = 10,55. From the calculation db = N-1 = 38-1 = 37 (in consultation with the table value of t) with a value price t0,05 t table = 2.43. t is greater than t table with a comparison table number t = 10.55> t table = 2.43. It can be concluded that the CAI (Computer Assisted Instruction) is effective in improving learning outcomes material Ecosystem Interactions in Forming a Pattern in class VII Muhammadiyah 4 Junior High School Surabaya.

Key Words: Development, CAIMedia (Computer Assisted Instruction).

Published
2015-12-10
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 10