PENGEMBANGAN MEDIA MODULMATERI MENGOPERASIKAN KAMERA FOTO MATA PELAJARAN TEKNIK PRODUKSI DAN PENYIARAN PROGRAM PERTELEVISIAN UNTUK SISWA KELAS XII SEMESTER 1 SMK PRAPANCA 2 SURABAYA

  • MOCHAMAD YAHYA I

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah belajar yang dihadapi oleh siswa SMK Prapanca 2 Surabaya dalam mata pelajaran teknik produksi dan penyiaran program pertelevisian dengan mengembangkan media modul pembelajaran. Media modul merupakan media yang fleksibel yang dapat digunakan dalam proses belajar konvensioanal maupun belajar mandiri. Mengingat materi mengoperasikan kamera foto yang merupakan materi dasar fotografi dalam pelajaran teknik produksi dan penyiaran program pertelevisian untuk itulah media modul diperlukan untuk solusi dari permasalahan belajar pada mata pelajaran teknik produksi dan penyiaran program pertelevisian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Prapanca 2 Surabaya.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D) dengan jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif, yang didapat berdasarkan hasil wawancara kepada ahli media ,materi, dan ahli pembelajaran, wawancara diberikan untuk uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar.Dari semua aspek reviewer ahli materi mendapatkan nilai hitung sebanyak 84,5 termasuk dalam kategori sangat baik. aspek reviewer ahli media mendapatkan nilai hitung sebanyak 84,8 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Data yang didapat pada uji coba satu-satu sebanyak 2 siswa, bahwa dari semua aspek angket untuk siswa mendapatkan nilai sebanyak 89,3. Sedangkan data yang didapat pada uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa, bahwa dari semua aspek angket untuk siswa mendapatkan nilai sebanyak 84,3. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran animasi pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N-1 = 42-1 = 41 dengan taraf kesalahan 5% (0,05),Maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel dengan perbandingan angka (t hitung = 14,37> t tabel = 2,019).Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan media pembelajaran modul pada siswa kelas XII SMK Prapanca 2 Surabaya siswa mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan pada materi gambar bentuk.

Kata kunci : Pengembangan, Modul, teknik produksi dan penyiaran program pertelevisian, mengoperasikan kamera foto

ABSTRACT

The purpose of this research study is to overcome the learning problems faced by vocational students Prapanca 2 Surabaya in subjects production techniques and broadcasting of television programs by developing media learning modules. Media module is a flexible media that can be used in the process of learning konvensional and self-learning. Considering the material operate the camera images which is the basic material of photography in learning production techniques and broadcasting program of television for that media module is required for the solution of problems of learning on the subjects of production techniques and broadcasting program of television to improve the learning outcomes of students of class XII of SMK Prapanca 2 Surabaya.The development model used is a model development Research and Development (R & D) with the type of data used in this development is qualitative and quantitative data.The method of data collection used are observation, documentation, interviews and tests. Of all aspects of the expert reviewer of material to get as many as 84.5 the calculated value is included in the excellent category. The collected data in the experiment one-on-one as many as 2 students, that of all the aspects of the questionnaire to students to get value as 89.3. While the data obtained in the experiment a small group of 10 students, that of all the aspects of the questionnaire to students to get value as 84.3. Furthermore, to determine the effectiveness of an animated instructional media developers use T-test with d.b = N-1 = 42-1 = 41 with level error 5% (0,05), then get 2,019and 14,37 . Therefore greather than that is 14,37 > 2,019. Therefore we can conclude that the use of instructional media modules in class XII SMK Prapanca 2 Surabaya learning results of students has increased significantly in material form an image.Keywords: Development, Modules, engineering production and broadcasting of television programs, operate the camera photo.

Published
2015-12-10
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 27