PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION BAHASAN STRUKTUR BUMI DAN BENCANAUNTUK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

  • KHOIRUN NISA

Abstract

Abstrak
Dengan adanya pengintegerasian mata pelajaran Biologi dan Fisika yang kini menjadi satu dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terpadu yang bersifat tematik, menimbulkan permasalahan pembelajaran antara lain jam pelajaran yang disediakan sangat terbatas yaitu dua kali pertemuan dalam satu minggu dengan estimasi waktu 2 dan 3 Jam Pelajaran, dan dengan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Sedangkan materi yang dipelajari sangat banyak, khususnya materi Sistem Tata Suya dan Kehidupan di Bumi. Dalam materi tersebut terbagi dalam 5 bahasan, salah satunya yaitu bahasan Struktur Bumi dan Bencana. Penjelasan materi hanya diberikan secara lisan dan menggunakan papan tulis yang ditunjang dengan buku paket seperti buku BSE sebagai sumber belajar, sedangkan dalam buku BSE sendiri terlalu banyak teks dan kurang adanya ilustrasi yang menggambarkan bagaimana proses terjadinya bencana dan gunung meletus. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang layak dan efektif pada materi Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi bahasan Struktur Bumi dan Bencana untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara kepada Ahli Materi, Ahli Media, dan kepada beberapa siswa sebagai responden; serta menggunakan instrumen angket, dan tes yang ditunjukkan kepada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D dari Sugiyono yang diadaptasi dari Borg and Gall dengan beberapa tahapan uji coba medianya.
Data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif dari Ahli Materi, Ahli Media dan siswa. Berdasarkan hasil analis data wawancara Ahli Materi dan Ahli Media, ditarik kesimpulan sebagai berikut : (a) hasil presentase Ahli Materi I: 92,31% (sangat baik), (b) hasil presentase Ahli Materi II: 84,61 % (sangat baik), (c) hasil presentase Ahli Media I: 90,48% (sangat baik), (d) hasil presentase Ahli Media II: 85,71% (sangat baik). Sedangkan hasil angket uji coba produk kepada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, dapat disimpulkan bahwa : (a) hasil presentase uji orang perorangan 95,43% (sangat baik), (b) hasil presentase uji coba kelompok kecil 94,36% (sangat baik), serta (c) hasil presentase pada uji coba kelompok besar 84,03 % (sangat baik). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media CAI ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Selain itu, dengan hasil perhitungan perbandingan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh kesimpulan bahwa nilai kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan dua kelas dengan taraf signifikan 5%, d.b = (30 + 30 – 2) = 58, diperoleh ttabel 1,67, sedangkan thitung yang dihasilkan lebih besar dari ttabel yaitu 2,95 > 1,67. dengan demikian perbedaan hasil pre-test dan post-test tersebut dinyatakan signifikan. Dari hasil peningkatan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa media CAI mata pelajaran IPA Materi Struktur Bumi dan Bencana ini efektif untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.
Kata kunci: Pengembangan, Media CAI (Computer Assisted Instruction).



Abstract
With the integration of the subjects Biology and Physics are now to be one subjects of Natural Sciences of integrated thematic, cause learning problems like very limited hours of lessons provided that is two meetings in one week with an estimated time of 2 and 3 hours Lessons, and the conventional learning methods. While the material being studied are very much, especially material Solar System and Life on Earth. In the material is divided into five topics, one of which is the structure of the Earth and Disaster discussion. Material explanation just given orally and using a whiteboard that is supported by textbooks such as the book BSE as a learning resource, while in the BSE book itself contains too much text and the lack of illustrations depicting how the process of disaster and volcanoes. Therefore, this study aims to develop media of CAI (Computer Assisted Instruction) that is adequate and effective on the material of the Solar System and Life on Earth discussion about the structure of the Earth and Disaster for students class VIII in Muhammadiyah 4 Surabaya Junior High School.
Type of researches is the developmet research . Data were collected using an instrument interview to Expert Content , Expert Media, and to some students as respondents; and use of questionnaires and tests aimed at students class VIII in Muhammadiyah 4 Junior High School Surabaya. The development model used is R & D development model of Sugiyono adapted from Borg and Gall with several stages of testing media.
Data obtained are in the form of qualitative and quantitative data from Expert Content, Expert Media and students. Based on the results of data analysts interviews Expert Content and Expert Media, can be concluded as follows: (a) the percentage results of the Expert Content I: 92.31% (excellent), (b) the percentage results of Expert Content II: 84.61% (excellent), (c) the percentage results of the Expert Media I: 90.48% (excellent), (d) the percentage results of Expert Media II: 85.71% (very good). While the results of the product trials questionnaire to students class VIII in Muhammadiyah 4 Junior High School Surabaya, it can be concluded that: (a) the percentage results of testing individual 95.43% (excellent), (b) the percentage results of testing small 94.36% (very good), and (c) the percentage results in a large group trials 84.03% (very good). With the results obtained, we can conclude that the CAI media is categorized very well and fit for use. Moreover, with the calculated ratio of the control class and experimental class, we concluded that the experimental class score is greater than the control class. Based on calculations of two classes with a significant level of 5%, db = (30 + 30-2) = 58, obtained ttable 1.67, while tcount produced greater than ttable is 2.95> 1.67, thus the difference in the pre-test and post-test is declared significant. From the result of this increase, it can be interpreted that the media CAI subjects Earth Science and Disaster Material Structure is effective for students class VIII in Muhammadiyah 4 Junior High School Surabaya.
Keywords : Development, Media CAI (Computer Assisted Instruction).

Published
2015-12-11
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 26